Page 205 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 205
Cakrawala Pendidikan 3
berkenaan dengan cara dan sikap guru ketika mengajar; kesulitan
yang dihadapi siswa dalam belajar; pandangan siswa terhadap
bahan, sumber, dan alat atau perlengkapan yang digunakan
dalam pembelajaran, dan lain-lain.
Orang tua, secara tidak langsung turut berperan serta
dalam proses pembelajaran Oleh sebab itu, orang tua dapat
memberi informasi tentang segala sesuatu yang berkenaan
dengan proses dan hasil belajar siswa Orang tua juga dapat
memberi masukan dan bantuan berkenaan dengan media dan
sumber belajar yang sangat menunjang kelancaran proses
pembelajaran yang berdampak pada pencapaian tujuan
pembelajaran.
Semua informasi tentang penilaian atau evaluasi proses
pembelajaran ini dapat diperoleh dengan alat penilaian berikut ini.
1. Kuesioner yakni pertanyaan secara tertulis.
2. Pedoman wawancara yang berisi pertanyaan yang akan
dilakukan secara lisan.
3. Format observasi atau pengamatan yang digunakan untuk
melihat langsung peristiwa, kejadian, dan prilaku guru atau
siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
4. Skala, baik skala penilaian maupun skala sikap yang
ditujukan kepada guru ataupun siswa berkenaan dengan
proses pembelajaran.
5. Studi kasus, yakni mempelajari secara mendalam perilaku
dan perkembangan siswa tertentu yang mengalami kesulitan
belajar, kesulitan menyesuaikan diri, dan lain-lain.
6. Sosiometri, yakni alat yang digunakan untuk memperoleh
data mengenai hubungan sosial para siswa di dalam kelas.
Evaluasi Hasil Belajar Bahasa
Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar
berkomunikasi atau belajar menggunakan bahasa dalam kegiatan
komunikasi. Pengertian tersebut menyiratkan bahwa,
pembelajaran bahasa ditujukan untuk menerampilkan siswa
berkomunikasi baik lisan maupun tulis.
Kemampuan berbahasa lisan meliputi kemampuan
mendengarkan (menyimak) dan berbicara, kemampuan
berbahasa tulis meliputi kemampuan membaca dan menulis.
191