Page 209 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 209
Cakrawala Pendidikan 3
Format Penilaian Kemampuan Mendengarkan
Kelas :VII
Sekolah : SMPN VII
Materi : Teks Berita
Tanggal : 27- 08- 2006
Ranah Kognitif Ranah Afektif
Kemampuan kemampuan Kemampuan Moti- Distp- Percaya I I
Menangkap Menuliskan memberi vasi/ lin Diri
Nama Jml Jml Total Ketl
Pokok Berita lsi Benta Tanggapan Perha-
dalam terhadap lsi !ian
Kalimat Be rita
An din 8 8 9 25 7 8 8 23 48
Bandi
Caca
Kolom keterangan diisi dengan hal-hal yang menjadi
catatan bagi guru yang berkenaan dengan perilaku siswa dalam
mengerjakan tugas.
Kegiatan lnterpretasi
Jika guru menetapkan skor untuk setiap aspek penilaian
adalah 10, maka skor maksimal yang akan diperoleh siswa pada
ranah kognitif dalam kemampuan menulis tersebut adalah 30.
Dari skor maksimal tersebut, guru menyusun kriteria. Misal,
kriteria yang ditetapkan guru adalah:
Kriteria Angka Huruf
Sangat Baik 25-30 A
Baik 20- 24,99 B
Cukup 15- 19,99 c
Kurang 10- 14,99 D
Dengan kriteria tersebut, guru dapat menginterpretasikan
atau menafsirkan bahwa hasil belajar bahasa Andini pada aspek
195