Page 209 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 209

Cakrawala Pendidikan 3



           Format Penilaian Kemampuan Mendengarkan

           Kelas    :VII
           Sekolah  : SMPN VII
           Materi   : Teks Berita
           Tanggal  : 27- 08- 2006

                        Ranah  Kognitif            Ranah Afektif
                Kemampuan  kemampuan  Kemampuan   Moti- Distp- Percaya   I   I
                Menangkap  Menuliskan   memberi   vasi/   lin   Diri
           Nama                             Jml                 Jml  Total  Ketl
                Pokok Berita   lsi Benta   Tanggapan   Perha-
                            dalam   terhadap  lsi   !ian
                           Kalimat   Be rita
           An din   8        8         9     25   7    8    8   23  48
           Bandi
           Caca

                  Kolom  keterangan  diisi  dengan  hal-hal  yang  menjadi
           catatan  bagi  guru  yang  berkenaan  dengan  perilaku  siswa  dalam
           mengerjakan tugas.

           Kegiatan lnterpretasi
                  Jika  guru  menetapkan  skor  untuk  setiap  aspek  penilaian
           adalah  10,  maka skor maksimal  yang  akan  diperoleh  siswa  pada
           ranah  kognitif  dalam  kemampuan  menulis  tersebut  adalah  30.
           Dari  skor  maksimal  tersebut,  guru  menyusun  kriteria.  Misal,
           kriteria yang ditetapkan guru adalah:

                             Kriteria   Angka     Huruf
                           Sangat Baik   25-30     A
                              Baik     20- 24,99   B
                             Cukup     15- 19,99   c
                             Kurang    10- 14,99   D



                  Dengan  kriteria  tersebut,  guru  dapat menginterpretasikan
           atau  menafsirkan  bahwa  hasil  belajar bahasa Andini  pada  aspek


                                                                   195
   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214