Page 213 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 213

Cakrawala  Pendidikan 3



                 Sehubungan  dengan  evaluasi  dalam  pembelajaran
          bahasa,  asesmen  portofolio  digunakan  dalam  pengumpulan  data
          perkembangan  kemampuan  berbahasa  siswa  dari  waktu  ke
          waktu.  Data  diperoleh  melalui  proses  pembelajaran  dan  evaluasi
          hasil  belajar.  Oleh  karena  itu,  asesmen  portofolio  lazimnya  berisi
          data berikut.
          1.  Data proses belajar siswa.
          2.  Data hasil belajar siswa.
          3.  Refleksi  atau  evaluasi  diri  siswa,  yang  dilakukan  oleh  siswa
              sendiri.
          4.  Hasil observasi dan  penilaian guru terhadap diri siswa.
          5.  Komentar orang tua siswa.
          6.  lnformasi  lain  yang  dikumpulkan  melalui  pelbagai  strategi
              asesmen.
                 Penerapan  asesmen  portofolio  dalam  pembelajaran
          bahasa ditandai dengan hal berikut ini.
          1.  Didasari  atas  pengalaman  berbahasa  sehari-hari  secara
              otentik (nyata dan wajar).
          2.  Dilakukan  selaras  dengan  hakikat  belajar  bahasa  sebagai
              suatu  proses  yang  berkembang  secara  bertahap  dan  terus
              menerus.
          3.  Diarahkan  pada  penilaian  proses  dan  hasil  yang  dilakukan
              secara formal dan informal.
          4.  Menginformasikan  kegiatan  pembelajaran  atau  apa  yang
              terjadi di dalam kelas sehari-hari.
          5.  Memperhatikan keunikan setiap individu. Artinya,  penilaian  ini
              lebih  menekankan  pada  perbandingan  kemajuan  dan  hasil
              belajar  yang  dicapai  oleh  setiap  siswa  pada  hari  ini  dengan
              hasil belajar sebelumnya.
          6.  Melibatkan  siswa  dalam  penilaian  untuk  mengukur  kekuatan
              dan  kelemahannya,  menetapkan  tujuan  dan  keputusan  untuk
              kegiatan  berikutnya.
                 Yunus  (2002)  mengutip  pendapat  Valencia  tentang  tiga
          prinsip yang  harus ada dalam asesmen portofolio sebagai berikut.
          1.  Memandang  pembelajaran  dan  penilaian  sebagai  satu
              kesatuan.
          2.  Melibatkan  siswa  secara  aktif di  dalam  kegiatan  belajar  dan
              evaluasi.




                                                                  199
   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218