Page 213 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 213
Cakrawala Pendidikan 3
Sehubungan dengan evaluasi dalam pembelajaran
bahasa, asesmen portofolio digunakan dalam pengumpulan data
perkembangan kemampuan berbahasa siswa dari waktu ke
waktu. Data diperoleh melalui proses pembelajaran dan evaluasi
hasil belajar. Oleh karena itu, asesmen portofolio lazimnya berisi
data berikut.
1. Data proses belajar siswa.
2. Data hasil belajar siswa.
3. Refleksi atau evaluasi diri siswa, yang dilakukan oleh siswa
sendiri.
4. Hasil observasi dan penilaian guru terhadap diri siswa.
5. Komentar orang tua siswa.
6. lnformasi lain yang dikumpulkan melalui pelbagai strategi
asesmen.
Penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran
bahasa ditandai dengan hal berikut ini.
1. Didasari atas pengalaman berbahasa sehari-hari secara
otentik (nyata dan wajar).
2. Dilakukan selaras dengan hakikat belajar bahasa sebagai
suatu proses yang berkembang secara bertahap dan terus
menerus.
3. Diarahkan pada penilaian proses dan hasil yang dilakukan
secara formal dan informal.
4. Menginformasikan kegiatan pembelajaran atau apa yang
terjadi di dalam kelas sehari-hari.
5. Memperhatikan keunikan setiap individu. Artinya, penilaian ini
lebih menekankan pada perbandingan kemajuan dan hasil
belajar yang dicapai oleh setiap siswa pada hari ini dengan
hasil belajar sebelumnya.
6. Melibatkan siswa dalam penilaian untuk mengukur kekuatan
dan kelemahannya, menetapkan tujuan dan keputusan untuk
kegiatan berikutnya.
Yunus (2002) mengutip pendapat Valencia tentang tiga
prinsip yang harus ada dalam asesmen portofolio sebagai berikut.
1. Memandang pembelajaran dan penilaian sebagai satu
kesatuan.
2. Melibatkan siswa secara aktif di dalam kegiatan belajar dan
evaluasi.
199