Page 206 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 206

Setiawati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa



        Berdasarkan   hal   tersebut   maka   proses   pembelajaran
        dilaksanakan  dengan  cara  melatih  siswa  menggunakan  bahasa
        baik lisan maupun tulis.



                           KETERAMPILAN BERBAHASA


















                                  SASTRA


         Diagram 2.  Keterpaduan antarketerampilan berbahasa dan
                     Sastra
               Sekalipun   kemampuan    berbahasa   meliputi   empat
        keterampilan  yang  memiliki  karakteristik  yang  berbeda  namun
        pada  pelaksanaannya  keempat keterampilan  berbahasa ini  saling
        terkait  antara  satu  dengan  yang  lainnya.  Setidaknya  seorang
        pembicara  memerlukan  adanya  penyimak  demikian  sebaliknya
        dan  seorang  penulis memerlukan adanya  pembaca demikian juga
        sebaliknya.
               Hasil  belajar  tidak  akan  lepas  dari  proses  belajar.  Oleh
        sebab  itu,  sulit  sekali  berbicara  tentang  hasil  belajar  tanpa
        menyinggung  proses  belajarnya.  Pada  proses  pembelajaran
        bahasa,  keempat  keterampilan  berbahasa   1n1   (menyimak,
        berbicara,  membaca,  dan  menulis)  dapat  dilaksanakan  secara
        terpadu.  Artinya  dengan  menggunakan  satu  tema  dapat  dilatih



        192
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211