Page 206 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 206
Setiawati, Evaluasi Pembelajaran Bahasa
Berdasarkan hal tersebut maka proses pembelajaran
dilaksanakan dengan cara melatih siswa menggunakan bahasa
baik lisan maupun tulis.
KETERAMPILAN BERBAHASA
SASTRA
Diagram 2. Keterpaduan antarketerampilan berbahasa dan
Sastra
Sekalipun kemampuan berbahasa meliputi empat
keterampilan yang memiliki karakteristik yang berbeda namun
pada pelaksanaannya keempat keterampilan berbahasa ini saling
terkait antara satu dengan yang lainnya. Setidaknya seorang
pembicara memerlukan adanya penyimak demikian sebaliknya
dan seorang penulis memerlukan adanya pembaca demikian juga
sebaliknya.
Hasil belajar tidak akan lepas dari proses belajar. Oleh
sebab itu, sulit sekali berbicara tentang hasil belajar tanpa
menyinggung proses belajarnya. Pada proses pembelajaran
bahasa, keempat keterampilan berbahasa 1n1 (menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis) dapat dilaksanakan secara
terpadu. Artinya dengan menggunakan satu tema dapat dilatih
192