Page 15 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 15
Cakrawala Pendidikan 3
Nasional. Secara ideal, memang pendidikan nasional perlu
dikembangkan demikian rupa sehingga berpotensi kuat untuk
dapat mewujudkan proses pendidikan yang mampu menciptakan
lingkungan belajar dan pembelajaran yang mampu menumbuh-
kembangan potensi peserta didik dalam bentuk kemampuan
mencari tahu (learning to know}, kemampuan untuk
menggunakan pengetahuan untuk bekerja (learning to do},
kemampuan untuk hidup harmonis dan produktif dalam
lingkungannya (learning to live together}, dan kemampuan untuk
hidup dan belajar sepanjang hayat (learning to be) termasuk
didalamnya mampu hidup melalui kehidupan itu sendiri (leming
through life). Untuk mewujudkan konsep ideal pendidikan
sebagaimana dipancangkan oleh UNESCO sebagai pilar
pendidikan, pembaharuan sistem pendidikan nasional perlu
dilakukan untuk memperbaharui visi, misi, dan strategi
pembangunan pendidikan nasional.
Dalam konteks semua tuntutan tersebut, maka
perwujudan pendidikan di masa depan harus sepenuhnya
dikaitkan dengan visi dan misi pendidikan nasional. Menurut
Penjelasan UU Sisdiknas 20/2003, pendidikan nasional
mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata
sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua
warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang
berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan
zaman yang selalu berubah. Untuk mewujudkan Visi tersebut
dijabarkan misi Pendidikan Nasional sebagai berikut:
1. mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan
memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat
Indonesia;
2. membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak
bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam
rangka mewujudkan masyarakat belajar;
3. meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses
pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian
yang bermoral;
4. meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga
pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan,
keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan
standar nasional dan global; dan
3