Page 13 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 13
Standar Nasional Pendidikan:
Konsep dan lmplikasi
----------- lJk., s. ~
~ra etimologis kata standar diambil dari kata dalam
bahasa lnggris, standard, yang secara umum dapat diartikan
ukuran, takaran. lstilah standard mulai digunakan secara teknis
dalam khasanah pendidikan untuk memberi makna terhadap
ukuran-ukuran yang digunakan dalam berbagai elemen
pendidikan. lstilah standar sangat populer digunakan dalam
bidang kurikulum dan pembelajaran, seperti yang muncul di USA
mulai tahun pada tahun 1980-an digunakan istilah curriculum
standard yang mencakup content standard dan pedagogical
standard (NCSS: 1994). Sejalan dengan kecenderungan semakin
tertinggalnya hasil pendidikan dan meningkatnya komitmen
terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional, konsep standar
nasional pendidikan secara yuridis formal digunakan dalam
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Menurut Pasal 1 butir 17 Undang-undang tersebut
Standar Nasional Pendidikan diartikan sebagai kriteria minimal
tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
Konsep standar nasional pendidikan tersebut secara
filosofis dan sosio-politis terkait erta pada komitmen nasional
untuk untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana
tertuang pada alinea ke empat Pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 yang secara instrumental harus didasarkan pada dan
dilakukan dengan satu sistem pendidikan nasional (Ps 31 UUD
1945). Hal itu perlu disadari karena sejak Indonesia merdeka
sampai dengan saat ini, penyelenggaraan sistem pendidikan
nasional itu belum didasarkan pada standar nasional pendidikan.