Page 9 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 9

Pendahuluan





                ~eformasi pendidikan  merupakan  bagian  integral
         dari   reformasi   menyeluruh   dalam   tatanan   kehidupan
          bermasyarakat,  berbangsa  dan  bernegara  Indonesia.  Secara
          konseptual  reformasi  pendidikan  merupakan  gerakan  nasional
          sadar  mutu.  Secara  sosiopolitis  gerakan  ini  terpusat  pada  upaya
          penerapan   prinsip   demokrasi   yang   berkeadilan   dan
          berkejahteraan  serta  melindungi  dan  memajukan  hak  asasi
          manusia  dalam  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara  Indonesia.
          Dalam  rangka  penyelenggaraan  sistem  pendidikan  nasional,  cita-
          cita,  nilai  dan  prinsip-prinsip  demokrasi  tersebut  diyakini  akan
          memberikan  dampak  terhadap  proses  instrumentasi  dan  praksis
          sistem  pendidikan  nasional.  Sementara  itu.  perkembangan  ilmu
          pengetahuan  dan  teknologi  yang  sangat  pesat.  yang  dalam
          banyak  hal  memunculkan  tuntutan  baru  dalam  segala  aspek
          kehidupan.  termasuk  dalam  idealisasi,  instrumentasi  dan  praksis
          sistem  pendidikan,  telah  memperkuat  semangat  dan  komitmen
          terhadap  peningkatan  mutu  pendidikan  nasional.  Oleh  karena  itu
          pembaharuan  sistem  pendidikan  merupakan  suatu  keniscayaan
          dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
                 Dalam  rangka  menjawab  tuntutan  nasional  tersebut,
          melalui  Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  tahun  2005,  tentang
          Standar  Nasional  Pendidikan  (SNP),  telah  ditetapkan  legal
          framework  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan.  yang  harus
          dikembangkan  oleh  Badan  Standarisasi  Pendidikan  Nasional.
          Sebagai  acuan  peningkatan  mutu  pendidikan  nasional,  SNP
          mencakup  standar  isi.  proses,  kompetensi  lulusan,  tenaga
          kependidikan.  sarana dan  parasarana,  pengelolaan,  pembiayaan,
          dan  penilaian  pendidikan  Secara  konseptual  dan  programatik
          SNP  merupakan  kriteria  dalam  melakukan  penjaminan  mutu
          pendidikan   nasional,   yang   harus  menjadi  acuan  dalam
          pengembangan  kurikulum.  tenaga  kependidikan.  sarana  dan
          prasarana,  pengelolaan  dan  pembiayaan.  Secara  substantif-
          akademik  standar nasional  pendidikan  merupakan  domain  kajian
          baru  dalam  bidang  keilmuan  pendidikan.  yang  memerlukan



                                                                    v
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14