Page 9 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 9
Pendahuluan
~eformasi pendidikan merupakan bagian integral
dari reformasi menyeluruh dalam tatanan kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia. Secara
konseptual reformasi pendidikan merupakan gerakan nasional
sadar mutu. Secara sosiopolitis gerakan ini terpusat pada upaya
penerapan prinsip demokrasi yang berkeadilan dan
berkejahteraan serta melindungi dan memajukan hak asasi
manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Dalam rangka penyelenggaraan sistem pendidikan nasional, cita-
cita, nilai dan prinsip-prinsip demokrasi tersebut diyakini akan
memberikan dampak terhadap proses instrumentasi dan praksis
sistem pendidikan nasional. Sementara itu. perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. yang dalam
banyak hal memunculkan tuntutan baru dalam segala aspek
kehidupan. termasuk dalam idealisasi, instrumentasi dan praksis
sistem pendidikan, telah memperkuat semangat dan komitmen
terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. Oleh karena itu
pembaharuan sistem pendidikan merupakan suatu keniscayaan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Dalam rangka menjawab tuntutan nasional tersebut,
melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, tentang
Standar Nasional Pendidikan (SNP), telah ditetapkan legal
framework tentang Standar Nasional Pendidikan. yang harus
dikembangkan oleh Badan Standarisasi Pendidikan Nasional.
Sebagai acuan peningkatan mutu pendidikan nasional, SNP
mencakup standar isi. proses, kompetensi lulusan, tenaga
kependidikan. sarana dan parasarana, pengelolaan, pembiayaan,
dan penilaian pendidikan Secara konseptual dan programatik
SNP merupakan kriteria dalam melakukan penjaminan mutu
pendidikan nasional, yang harus menjadi acuan dalam
pengembangan kurikulum. tenaga kependidikan. sarana dan
prasarana, pengelolaan dan pembiayaan. Secara substantif-
akademik standar nasional pendidikan merupakan domain kajian
baru dalam bidang keilmuan pendidikan. yang memerlukan
v