Page 7 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 7

Kata Pengantar






              ~iversitas Terbuka (UT) sebagai sebuah perguruan
        tinggi  memiliki  kepedulian  terhadap  pendidikan  pada  umumnya
        dan  pendidikan tinggi  pada  khususnya.  Salah  satu  kepedulian  ini
        diwujudkan  dalam  penerbitan  buku  mengenai  pendidikan  yang
        diharapkan  dapat memperluas  cakrawala  pendidik,  mereka  yang
        berkecimpung  di  dunia  pendidikan,  dan  pengamat,  serta
        pemerhati  pendidikan.  Alasan  ini  menyebabkan  UT  menerbitkan
        buku  seri  Cakrawala  Pendidikan  yang  diharapkan  mampu
        memperluas  cakrawala  pemikiran  mengenai  pendidikan.  Seri
        cakrawala  pendidikan  diharapkan  dapat  menjadi  wadah  refleksi
        dan tukar pikiran.
               Pada tahun  1999,  UT menerbitkan Cakrawala Pendidikan
        seri  pertama dengan fokus  pendidikan  secara  umum.  Pada tahun
        2002,  UT kembali  menerbitkan Cakrawala Pendidikan  seri ke  dua
        dengan fokus e-learning  dalam  pendidikan  . Pada tahun  2006  ini,
        UT  kembali  menerbitkan  Cakrawala  pendidikan  seri  ke  tiga
        dengan  fokus  pada  implementasi  standarisasi  pendidikan
        nasional terhadap penyelenggaraan pendidikan.
               Fokus  tersebut  dipilih  sebagai  kontribusi  UT  terhadap
        reformasi  pendidikan  yang  merupakan  bagian  integral  dari
        reformasi  menyeluruh  dalam  tatanan  kehidupan  bermasyarakat
        dan  bernegara  di  Indonesia.  Salah  satu  upaya  yang  dilakukan
        pemerintah  adalah  dengan  mengeluarkan  Peraturan  pemerintah
        Nomor  19  tahun  2005  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan
        (SNP).  Sebagai  acuan  pendingkatan  mutu  pendidikan  nasional,
        SNP  mencakup  standar  isi,  proses,  kompetensi  lulusan,  tenaga
        kependidikan,  sarana  dan  prasarana,  pengelolaan,  pembiayaan,
        dan penilaian pendidikan
               Dalam  konteks  tersebut,  UT  sebagai  salah  satu
        pemangku  kepentingan  pendidikan  nasional,  terpanggil  untuk
        menghimpun     berbagai   pemikiran   yang   terkait   dengan
        implementasi  SNP  terhadap  penyelenggaraan  pendidikan.  Untuk
        itu,  saya  mengucapkan  terima  kasih  kepada  para  penulis  atas


                                                                  iii
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12