Page 7 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 7
Kata Pengantar
~iversitas Terbuka (UT) sebagai sebuah perguruan
tinggi memiliki kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya
dan pendidikan tinggi pada khususnya. Salah satu kepedulian ini
diwujudkan dalam penerbitan buku mengenai pendidikan yang
diharapkan dapat memperluas cakrawala pendidik, mereka yang
berkecimpung di dunia pendidikan, dan pengamat, serta
pemerhati pendidikan. Alasan ini menyebabkan UT menerbitkan
buku seri Cakrawala Pendidikan yang diharapkan mampu
memperluas cakrawala pemikiran mengenai pendidikan. Seri
cakrawala pendidikan diharapkan dapat menjadi wadah refleksi
dan tukar pikiran.
Pada tahun 1999, UT menerbitkan Cakrawala Pendidikan
seri pertama dengan fokus pendidikan secara umum. Pada tahun
2002, UT kembali menerbitkan Cakrawala Pendidikan seri ke dua
dengan fokus e-learning dalam pendidikan . Pada tahun 2006 ini,
UT kembali menerbitkan Cakrawala pendidikan seri ke tiga
dengan fokus pada implementasi standarisasi pendidikan
nasional terhadap penyelenggaraan pendidikan.
Fokus tersebut dipilih sebagai kontribusi UT terhadap
reformasi pendidikan yang merupakan bagian integral dari
reformasi menyeluruh dalam tatanan kehidupan bermasyarakat
dan bernegara di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan
pemerintah adalah dengan mengeluarkan Peraturan pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(SNP). Sebagai acuan pendingkatan mutu pendidikan nasional,
SNP mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga
kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan,
dan penilaian pendidikan
Dalam konteks tersebut, UT sebagai salah satu
pemangku kepentingan pendidikan nasional, terpanggil untuk
menghimpun berbagai pemikiran yang terkait dengan
implementasi SNP terhadap penyelenggaraan pendidikan. Untuk
itu, saya mengucapkan terima kasih kepada para penulis atas
iii