Page 11 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 11

pengembangan  Kurikulum  Program  Studi  S1  Penyuluhan  dan
         Komunikasi  Penyuluhan  pada  FMIPA  Universitas  Terbuka.
         Tulisan  ini  lebih  merupakan  analisis  reflektif  terhadap  proses
         pengembangan  dan  profil  kurikulum  program sarjana  Penyuluhan
         Pertanian.
                Tiga  tulisan  berikutnya  menyoroti  konsep,  cakupan  dan
         penilaian  kompetensi  pada jenjang  pendidikan tinggi.  Suripto dan
         Sri  Sumiyati  secara  khusus  membahas  tentang  kompetensi
         lulusan  Lembaga  Pendidikan  Tenaga  Kependidikan  yang  dalam
         pembahasannya  memberi  tekanan  pada  pentingnya  penguasaan
         materi  ajar,  strategi  pembelajaran,  pengelolaan  kelas,  dan
         pemanfaatan  media  dan  sumber  belajar  bagi  guru.  Di  lain  pihak
         Endang  Nugraheni  membahas  cakupan  kompetensi  dan  standar
         kompetensi  lulusan  perguruan  tinggi.  Disimpulkan  bahwa  dalam
         upaya  mencapai  visi  dan  missi  umum  perguruan  tinggi,
         kompetensi  lulusan  perguruan  tinggi  hendaknya  mencakup
         kompetensi  yang  terkait  pada  kemampuan  belajar  untuk  tahu
         (learning  to  know),  belajar untuk  bekerja  (learning  to  do),  belajar
         untuk  hidup  (learning  to  be),  dan  belajar  untuk  hidup
         bermasyarakat (learning to live  together).  Sementara itu Agnes  P.
         Sudarmo, dan Susanti,  secara khusus menyoroti penilaian  proses
         dan  hasil  belajar  pada  Program  Pascasarjana  Universitas
         Terbuka.  Kedua  penulis  menyimpulkan  bahwa  sistem  penilaian
         proses dan hasil belajar pada program  PPs  UT yang  menerapkan
          penilaian  utuh  melalui  pelaksanaan  tugas  dan  partisipasi  dalam
         tutorial  (on  line dan  tatap  muka) dan  ujian akhir semester,  secara
         programatik  dinilai  sebagai  sistem  penilaian  belajar  yang  sudah
          menerapkan konsep dan prosedur penilaian berbasis kompetensi.
                 Satu-satunya  tulisan  yang  membahas  konsep  dan
          implikasi SNP terhadap kurikulm jenjang pendidikan dasar adalah
         tulisan  Mohamad  Imam  Farisi.  Secara  argumentatif  Imam
          membahas  konteks,  struktur,  dan  pola  organisasi  kurikulum
          sekolah  dasar  dalam  kaitannya  dengan  konsep  kurikulum
          berbasis  kompetensi.  Disimpulkan  bahwa  kurikulum  SO  pada
          dasarnya   telah   menerapkan   konsep   kurikulum   berbasis
          kompetensi dengan pola organisasi yang ditata secara pedagogis,
          psikologis dan sosial-kultural.   Sebagai   domain   otonomi
          perguruan  tinggi,  kerangka  dasar,  struktur kurikulum  dan  lingkup
          materi  pada  tingkat  perguruan  tinggi  yang  ditulis  oleh  A.P.



                                                                   vii
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16