Page 10 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 10

pemahaman,  kajian  analitik  secara  kritis,  serta  evaluasi  sistemik
        dari  pemangku  kepentingan,  khususnya  para  pakar,  birokrat,  dan
        praktisi pendidikan nasional.
                Dalam  konteks  pemikiran  tersebut  di  atas,  Universitas
        Terbuka  (UT)  sebagai  salah  satu  pemangku  kepentingan
         pendidikan  nasional,  terpanggil  untuk  menghimpun  berbagai
         pemikiran  terkait  pada  SNP,  dari  staf  akademik  dan  manager
         pembelajaran  yang  ada  di  lingkungan  UT.  Pemikiran  yang
         dihimpun dimaksudkan untuk memberikan analisisi teoritik-empirik
         dan  gambaran  empirik  dan  tentang  instrumentasi  dan  praksis
         pendidikan  nasional  sampai  dengan  saat  ini,  dan  pemikiran
         orospektif  tentang  beberapa  aspek  pendidikan  nasional  sebagai
         implikasi  dari  adanya  legal  framework  standar  nasional
         pendidikan.  Cakrawala  Pendidikan,  sebagai  salah  satu  publikasi
         resmi  UT,  mencoba  mengangkat  semua  pemikiran  tersebut,
         dengan harapan dapat menjadi pemicu  bagi tumbuhnya diskursus
         akademik dan profesional dalam komunitas pemikir,  praktisis, dan
         pengamat  pendidikan  nasional.  Walaupun  demikian  perlu  diberi
         catatan  bahwa  manuskrip  yang  disajikan  dalam  Cakrawala
         Pendidikan  edisi  ini  bukanlah  merupakan  sajikan  pemikiran
         dengan  format  pembahasan  yang  utuh  dan  koheren,  melainkan
         lebih  merupakan  mozaik  pemikiran  yang  secara  konseptual  atau
         operasional  terkait  pada  esensi  standar  nasional  pendidikan.
         Karena  itu  pada  saat  pembaca  berkesempatan  merenungkan
         keseluruhan  isi  tulisan  masih  akan  terasa  adanya  kesenjangan
         bahasan  yang  masih  memerlukan  pemikiran  yang  bersifat
         melengkapi   untuk   dapat   memberikan    wawasan    yang
         komprehensif tentang standar nasional pendidikan.
                Tulisan  pertama,  Konsep dan  llmplikasi Standar Nasional
         Pendidikan,   yang  dipaparkan  oleh   Udin  S.   Winataputra
         menyajikan  kerangka  konseptual  tentang  apa,  mengapa,  dan
         bagaimana   standar   nasional   pendidikan   nasional,   serta
         implikasinya  terhadap  instrumentasi  dan  praksis  pendidikan
         nasional  ke  depan.  Sejalan  dengan  tulisan  pertama,  Teguh
         Prakoso  dan  Tatang  Sopandi  menyoroti  SNP  dari  sisi  konsep
         beserta  implikasinya  terhadap  perwujudan  pendidikan  nasional
         yang  bermutu  dalam  konteks  Indonesia  yang  bersifat  majemuk
         atau multikultural. Sementara itu,  Endang lndrawati dan  lla Fadila,
         secara  khusus  menyoroti  implikasi  konseptual  SNP  terhadap



         vi
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15