Page 10 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 10
pemahaman, kajian analitik secara kritis, serta evaluasi sistemik
dari pemangku kepentingan, khususnya para pakar, birokrat, dan
praktisi pendidikan nasional.
Dalam konteks pemikiran tersebut di atas, Universitas
Terbuka (UT) sebagai salah satu pemangku kepentingan
pendidikan nasional, terpanggil untuk menghimpun berbagai
pemikiran terkait pada SNP, dari staf akademik dan manager
pembelajaran yang ada di lingkungan UT. Pemikiran yang
dihimpun dimaksudkan untuk memberikan analisisi teoritik-empirik
dan gambaran empirik dan tentang instrumentasi dan praksis
pendidikan nasional sampai dengan saat ini, dan pemikiran
orospektif tentang beberapa aspek pendidikan nasional sebagai
implikasi dari adanya legal framework standar nasional
pendidikan. Cakrawala Pendidikan, sebagai salah satu publikasi
resmi UT, mencoba mengangkat semua pemikiran tersebut,
dengan harapan dapat menjadi pemicu bagi tumbuhnya diskursus
akademik dan profesional dalam komunitas pemikir, praktisis, dan
pengamat pendidikan nasional. Walaupun demikian perlu diberi
catatan bahwa manuskrip yang disajikan dalam Cakrawala
Pendidikan edisi ini bukanlah merupakan sajikan pemikiran
dengan format pembahasan yang utuh dan koheren, melainkan
lebih merupakan mozaik pemikiran yang secara konseptual atau
operasional terkait pada esensi standar nasional pendidikan.
Karena itu pada saat pembaca berkesempatan merenungkan
keseluruhan isi tulisan masih akan terasa adanya kesenjangan
bahasan yang masih memerlukan pemikiran yang bersifat
melengkapi untuk dapat memberikan wawasan yang
komprehensif tentang standar nasional pendidikan.
Tulisan pertama, Konsep dan llmplikasi Standar Nasional
Pendidikan, yang dipaparkan oleh Udin S. Winataputra
menyajikan kerangka konseptual tentang apa, mengapa, dan
bagaimana standar nasional pendidikan nasional, serta
implikasinya terhadap instrumentasi dan praksis pendidikan
nasional ke depan. Sejalan dengan tulisan pertama, Teguh
Prakoso dan Tatang Sopandi menyoroti SNP dari sisi konsep
beserta implikasinya terhadap perwujudan pendidikan nasional
yang bermutu dalam konteks Indonesia yang bersifat majemuk
atau multikultural. Sementara itu, Endang lndrawati dan lla Fadila,
secara khusus menyoroti implikasi konseptual SNP terhadap
vi