Page 379 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 379

mengumpulkan  cukup  sekali  saja  informasi  mengenai
                   masyarakatnya.
               5.  Level  kelima,  dimana  pemerintah  sudah memberikan informasi
                   yang terpaket (packaged) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
                   Dalam  hal  ini,  pemerintah  sudah  bisa  memberikan  apa  yang
                   disebut  dengan  “information-push”  yang  berorientasi  kepada
                   masyarakat.  Masyarakat  benar-benar  seperti raja yang dilayani
                   oleh  pemerintah.  Apa  yang  menjadi kebutuhan masyarakat, e-
                   government pada level lima ini bisa menyediakannya.

                   Lebih lanjut, terkait tahapan dalam membangun e-government,
               berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003
               tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government,
               salah  satu  strategi  dalam  pengembangan  e-government  adalah
               melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang
               realistis dan terukur. Hal ini bertujuan agar pengembangan tersebut
               dapat dipahami dan diikuti oleh semua pihak.
                   Sedangkan menurut Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor
               3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan
               e-Government,  disebutkan  bahwa  berdasarkan  sifat  transaksi
               informasi  dan  pelayanan  publik  yang  disediakan  oleh  pemerintah
               melalui  jaringan  informasi,  pengembangan  e-government  dapat
               dilaksanakan melalui 4 (empat) tingkatan sebagai berikut:
               1.  Tingkat 1 - Persiapan yang meliputi:
                   a.  Pembuatan situs informasi di setiap lembaga;
                   b.  Penyiapan sumber daya manusia (SDM);
                   c.  Penyiapan sarana akses yang mudah misalnya menyediakan
                       sarana Multipurpose Community Center, Warnet, SME-Center,
                       dan lain-lain;
                   d.  Sosialisasi situs informasi baik untuk internal maupun untuk
                       publik.
               2.  Tingkat 2  - Pematangan yang meliputi:
                   a.  Pembuatan situs informasi publik interaktif;
                   b.  Pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain;
               3.  Tingkat 3 - Pemantapan yang meliputi:
                   a.  Pembuatan situs transaksi pelayanan publik;

                               Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City    363
   374   375   376   377   378   379   380   381   382   383   384