Page 377 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 377

ditunda-tunda.  Selain  itu,  sistem  ini  perlu  dibangun  dengan
               kepemimpinan yang baik dan kerangka pengembangan yang holistik,
               sehingga memberikan keunggulan kompetitif secara nasional.

               TAHAPAN DALAM MEMBANGUN E-GOVERNMENT

                   Dalam  pengembangan  aplikasi  e-government,  Hasibuan  dan
               Santoso (2005), menyatakan bahwa terdapat beberapa tingkatan atau
               tahapan  dalam  pengembangannya,  dimana  semakin  tinggi
               tingkatannya, semakin kompleks permasalahan yang akan dihadapi.
               Lima tingkatan yang dimaksud antara lain:
               1.  Tingkatan pertama atau tingkatan yang paling awal. Tingkatan ini
                   yang  disebut  dengan  e-government  untuk  menunjukkan  citra
                   pemerintah yang baik dan menyembunyikan kompleksitas yang
                   ada  di  dalamnya.  Hal  ini  ditandai  dengan  munculnya  berbagai
                   website atau situs dengan tampilan menarik pada hampir semua
                   institusi pemerintah. Pada dasarnya, e-government pada tingkat
                   awal ini masih bersifat menginformasikan tentang apa dan siapa
                   yang  berada  di  dalam  institusi  tersebut.  Dengan  kata  lain,
                   informasi yang diberikan kepada masyarakat luas tersebut masih
                   bersifat satu arah. Kondisi e-government yang masih berada pada
                   tahap  awal  ini  belum  bisa  digunakan  untuk membentuk suatu
                   pemerintahan dengan prinsip good governance (ketatapemerintahan
                   yang baik).
               2.  Tingkat kedua dari e-government, mulai ditandai dengan adanya
                   transaksi  dan  interaksi  secara  on-line  antara  suatu  institusi
                   pemerintah dengan masyarakat. Misalnya, masyarakat tidak perlu
                   lagi antri membayar tagihan listrik, memperpanjang KTP, dan lain-
                   lain. Semuanya bisa dilakukan secara on-line. Usaha ke arah ini
                   sudah mulai dilakukan oleh beberapa institusi di pusat maupun di
                   daerah. Komunikasi dua-arah antara institusi pemerintah dengan
                   masyarakat  sudah  mulai  terjalin  secara  on-line.  Sekiranya  e-
                   government  yang  berada  pada  level  kedua  dijalankan  dengan
                   sungguh-sungguh, maka masalah good governance sudah mulai
                   dapat diwujudkan. Adanya biaya-biaya tersembunyi dalam setiap
                   urusan  pembuatan  Kartu  Tanda  Penduduk  (KTP),  Surat  Izin

                               Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City    361
   372   373   374   375   376   377   378   379   380   381   382