Page 373 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 373

TUJUAN E-GOVERNMENT

                   Ketika  pemerintah  telah  berkomitmen  mengembangkan  good
               governance  atau  ketatapemerintahan  yang  baik,  maka  pelayanan
               publik  menjadi  salah  satu  titik  strategis  yang  harus  mendapat
               perhatian  khusus.  Terdapat  beberapa  pertimbangan  terkait  hal
               tersebut (Dwiyanto, 2005):
               1.  Pelayanan publik adalah ranah dimana negara berinteraksi secara
                   intensif dengan warganya.
               2.  Pelayanan publik merupakan ranah dimana berbagai aspek good
                   governance dapat diartikulasikan secara relatif lebih mudah.
               3.  Pelayanan  publik  melibatkan  kepentingan  semua  unsur
                   ketatapemerintahan.

                   Pada  intinya,  pemerintah  berkewajiban memberikan pelayanan
               publik yang merata kepada seluruh warganya. Perlu disadari bahwa
               masyarakat  menuntut  adanya  pelayanan  publik  yang  memenuhi
               kepentingan  masyarakat  luas  di  seluruh  wilayah  negara,  dapat
               diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif
               (Haryatmoko, 2016). Selain itu, masyarakat juga menginginkan agar
               aspirasi mereka didengar oleh pemerintah sehingga pemerintahpun
               harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik didalam perumusan
               kebijakan  negara.  Untuk  menjawab  tantangan  tersebut,  baik
               pemerintah pusat maupun daerah harus mampu membentuk dimensi
               baru  ke  dalam  organisasi,  sistem manajemen, dan proses kerjanya
               yang salah satunya dapat dilaksanakan melalui proses transformasi
               menuju e-government.
                   Melalui proses transformasi menuju era e-government tersebut,
               pemerintah dapat mengoptimasikan penggunaan dan pemanfaatan
               kemajuan  teknologi  informasi  untuk  mengurangi  sekat-sekat
               organisasi  birokrasi,  serta  sekaligus  membentuk  jaringan  sistem
               manajemen  dan  proses kerja yang memungkinkan instansi-instansi
               pemerintah bekerja secara terpadu untuk menyederhanakan akses ke
               semua  informasi  dan  pelayanan  publik.  Dengan  demikian,  seluruh
               lembaga  pemerintah,  masyarakat,  dunia  usaha,  dan  pihak-pihak



                               Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City    357
   368   369   370   371   372   373   374   375   376   377   378