Page 63 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 63

online, mulai dari data matakuliah yang ditawarkan, materi ajar
            yang umunmya berbentuk modul multimedia yang interaktif,
            pendukung belajar seperti akses terhadap perpustakaan serta
            informasi-informasi terkini, bantuan dan bimbingan belajar,
            bahkan sampai pada kegiatan administrasi.  Demikian pula
            halnya dari sisi peserta didik, peserta didik melakukan segala
            aktivitas belajar, scrta berkomunikasi dengan pengelola mclalui
            jaringan.  Peters (2003) mengemukakan enam keunggulan
            utama dari pemanfaatan belajar maya scbagai berikut.
            •  Materi ajar dapat disajikan dalam berbagai bentuk presentasi
               melalui dengan multimedia
            •  Akscs terhadap informasi sangat luas dan mudah
            •  Memiliki kemampuan berkomunikasi baik seeara bersamaan
               atau tertunda;
            •  Memiliki kcmampuan untuk meningkatkan aktivitas dan
               intcraktivitas dengan menggunakan program belajar adaptif
            •  Sccara teknis mampu menyimpan dan menyampaikan;
            •  Memiliki kescmpatan untuk mengembangan pembclajaran
               mandiri.
               Kcunggulan tersebut telah mcngubah proses pembelajaran
            mulai dari pengorganisasian, matcri, metode, dan kontak sosial
            mcnjadi lebih fleksibcl.

        3. Indikator Media Efektif
             Hal terpenting  dalam pemanfaatan media dalam PTJJ yang
         harus selalu dikedepankan adalah kemampuan media yang
         digunakan dalam  mcmberi nilai tambah (added value) terhadap
         aktivitas pembclajaran mahasiswa.  Seperti tclah dikemukan
         scbelumnya, media dalam PJJ merupakan alat atau kcndaraan
         utama untuk menyampaikan materi pcmbelajaran kepada pcserta
         didik.  Untuk itu penilaian tcrhadap keberhasilan pcmanfaatan
         media dalam Sistcm Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ) perlu secara
         terus mcnerus dilakukan.  Mager (!995:  5) mcngemukakan
         bcberapa indikator yang dapat dijadikan acuan untuk menilai
         kcberhasilan pemaanfaatan media dalam SPJJ yaitu:



                                                                   49
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68