Page 63 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 63
online, mulai dari data matakuliah yang ditawarkan, materi ajar
yang umunmya berbentuk modul multimedia yang interaktif,
pendukung belajar seperti akses terhadap perpustakaan serta
informasi-informasi terkini, bantuan dan bimbingan belajar,
bahkan sampai pada kegiatan administrasi. Demikian pula
halnya dari sisi peserta didik, peserta didik melakukan segala
aktivitas belajar, scrta berkomunikasi dengan pengelola mclalui
jaringan. Peters (2003) mengemukakan enam keunggulan
utama dari pemanfaatan belajar maya scbagai berikut.
• Materi ajar dapat disajikan dalam berbagai bentuk presentasi
melalui dengan multimedia
• Akscs terhadap informasi sangat luas dan mudah
• Memiliki kemampuan berkomunikasi baik seeara bersamaan
atau tertunda;
• Memiliki kcmampuan untuk meningkatkan aktivitas dan
intcraktivitas dengan menggunakan program belajar adaptif
• Sccara teknis mampu menyimpan dan menyampaikan;
• Memiliki kescmpatan untuk mengembangan pembclajaran
mandiri.
Kcunggulan tersebut telah mcngubah proses pembelajaran
mulai dari pengorganisasian, matcri, metode, dan kontak sosial
mcnjadi lebih fleksibcl.
3. Indikator Media Efektif
Hal terpenting dalam pemanfaatan media dalam PTJJ yang
harus selalu dikedepankan adalah kemampuan media yang
digunakan dalam mcmberi nilai tambah (added value) terhadap
aktivitas pembclajaran mahasiswa. Seperti tclah dikemukan
scbelumnya, media dalam PJJ merupakan alat atau kcndaraan
utama untuk menyampaikan materi pcmbelajaran kepada pcserta
didik. Untuk itu penilaian tcrhadap keberhasilan pcmanfaatan
media dalam Sistcm Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ) perlu secara
terus mcnerus dilakukan. Mager (!995: 5) mcngemukakan
bcberapa indikator yang dapat dijadikan acuan untuk menilai
kcberhasilan pemaanfaatan media dalam SPJJ yaitu:
49