Page 60 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 60
• memungkinkan te1jadinya interaksi langsung antara peserta
didik dan materi pembelajaran.
• proses bclajar dapat berlangsung secara individual sesuai
dcngan kemampuan belajar peserta didik.
• mampu mcnampilkan unsur audio visual untuk
meningkatkan minat belajar (multi media)
• dapat mcmberikan umpan balik terhadap respon peserta
didik dengan scgcra.
• mampu mcnciptakan proses bclajar secara
bcrkcsinambungan
Robert Hcinich dkk ( 1986) mengcmukakan enam bentuk
interaksi yang dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah
media pembelajaran untuk sistem PTJJ, bcrupa:
• praktck dan latihan (drill and practice)
• tutorial
• pcrmainan (games)
• simulasi (simulation)
• pcncmuan (discovery)
• pcmecahan masalah (problem solving)
Program yang berbcntuk drill and practice umumnya
digunakan apabila peserta didik diasumsikan telah mcmpelajari
konsep, prinsip dan prosedur sebagai materi pcmbelajaran.
Tujuan dari bentuk program ini adalah melatih kccakapan dan
kctcrampilan dan biasanya menyajikan scjumlah soal atau
kasus yang memcrlukan respon pcscrta didik dengan disertai
umpan balik, baik yang bersifat posit if maupun negatif. Selain
mcmberikan umpan balik, program ini umunmya juga
mcnyajikan pengukuhan terhadap jawaban yang tepat.
Bcntuk lain dari penyajian program komputer adalah
program tutorial. Program ini menyajikan infom1asi dan
pengetahuan dalam topik tertentu diikuti dengan latihan
pemccahan soal dan kasus. Keunggulan lain dari program
tutorial adalah kcmampuannya untuk menyajikan informasi
dalam bentuk bcrcabang (branches). Bentuk ini membcrikan
kcbcbasan bagi pcscrta didik untuk mcmpclajari matcri ajar
46