Page 60 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 60

•  memungkinkan te1jadinya interaksi langsung antara peserta
               didik dan materi pembelajaran.
            •  proses bclajar dapat berlangsung secara individual sesuai
               dcngan kemampuan belajar peserta didik.
            •  mampu mcnampilkan unsur audio visual untuk
               meningkatkan minat belajar (multi media)
            •  dapat mcmberikan umpan balik terhadap respon peserta
               didik dengan scgcra.
            •  mampu mcnciptakan proses bclajar secara
               bcrkcsinambungan
               Robert Hcinich dkk ( 1986) mengcmukakan enam bentuk
            interaksi yang dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah
            media pembelajaran untuk sistem PTJJ, bcrupa:
            •  praktck dan latihan (drill and practice)
             •  tutorial
            •  pcrmainan (games)
             •  simulasi (simulation)
            •  pcncmuan (discovery)
            •  pcmecahan masalah (problem solving)
               Program yang berbcntuk drill and practice umumnya
            digunakan apabila peserta didik diasumsikan telah mcmpelajari
            konsep, prinsip dan prosedur sebagai materi pcmbelajaran.
            Tujuan dari bentuk program ini adalah melatih kccakapan dan
            kctcrampilan dan biasanya menyajikan scjumlah soal atau
            kasus yang memcrlukan respon pcscrta didik dengan disertai
            umpan balik, baik yang bersifat posit if maupun negatif.  Selain
            mcmberikan umpan balik, program ini umunmya juga
            mcnyajikan pengukuhan terhadap jawaban yang tepat.
               Bcntuk lain dari penyajian program komputer adalah
            program tutorial.  Program ini menyajikan infom1asi dan
            pengetahuan dalam topik tertentu diikuti dengan latihan
            pemccahan soal dan kasus.  Keunggulan lain dari program
            tutorial adalah kcmampuannya untuk menyajikan informasi
            dalam bentuk bcrcabang (branches).  Bentuk ini membcrikan
            kcbcbasan bagi pcscrta didik untuk mcmpclajari matcri ajar




        46
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65