Page 58 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 58

entertaining and attractive. "(hal.239).
               Sebagai media yang sarat dengan informasi audio dan visual
            yang secara simultan disajikan, televisi pendidikan dikenal
            mampu memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep
            abstrak (Bates,  1988) dan menawarkan fleksibilitas yang utuh
            serta mcmungkinkan seorang perancang instruksiona1
            mcngkombinasikan gambar dan suara untuk
            mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan
            (Lewis, 1 977).  Meskipun demikian, masih ada kcraguan
            mengenai efektivitas televisi sebagai media pembelajaran yang
            didasari pada kctidakberhasilan media ini dalam proses belajar
            mengajar.  Tetapi dalam scbuah kajian mengcnai kcberadaan
            medium tclcvisi sebagai media pembelajaran yang dilakukan
            pada tahun 1987, disimpulkan bahwa medium ini mempunyai
            potensi yang bcrnilai scbagai alat pcngajaran apabila diberikan
            dukungan dan pcrhatian yang cukup (Zugncr, 1987).
               Dukungan dan pcrhatian yang diperlukan antara lain
            mcncakup kemasan yang menarik yang mcmerlukan kreativitas
            produser untuk mcnciptakan format tayangan program yang
            mampu mendidik dan sckaligus menghibur.  Konsep ini dikenal
            dengan istilah edutainment.  Kemampuan untuk menerobos
             kekakuan siaran televisi pcndidikan yang seringkali tcrjcbak
            dalam bentuk tayangan monoton yang bcrsifat narati f scperti
            talking head,  merupakan sebuah tantangan.  Keterbatasan lain
            dari pemanfaatan media TV dalam PTJJ tcrlihat dalam scbuah
            studi yang mcnunjukkan bahwa produksi dan pcnyiaran
            program TV memerlukan biaya yang rclatifmahal.
               Pemanfaatan media televisi pada lembaga PTJJ  di  bcberapa
            negara tcrnyata tidak saja mempertimbangkan kcunggulan yang
             dimiliki olch media tersebut tetapi juga faktor akscsibilitas me-
             dia ini.  Di sejumlah institusi PTJJ  di negara maju, siaran
             telcvisi telah dimanfaatkan secara maksimal, karcna institusi
             tcrsebut tidak mcngalami kendala yang bcrarti.  Sebaliknya di
             ncgara-ncgara yang scdang berkembang, siaran tclcvisi untuk
             PJJ masih digunakan secara tcrbatas.  Hal ini discbabkan olch




        44
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63