Page 59 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 59

beberapa faktor yaitu: ketersediaan pesawat TV pencrima,
            kemampuan siaran pendidikan bersaing dengan siaran
            komcrsial dan budaya masyarakat setcmpat (Scwaii, 1988).
               Dari begitu banyak institusi PT.TJ,  scjumlah institusi yang
            telah memanfaatkan siaran televisi untuk menyampaikan materi
            ajar antara lain:  The  United Kingdom Open University
            (Inggris), National Radio and Television  Universi(v(or
            Teachers (Polandia), College of the Air (Mauritius), dan
            University o(the Air (Japan).

         d.  Media Berbantuan Komputer
               Salah satu kclcmahan penyelenggaraan sistem PTJJ adalah
            minimnya umpan balik yang dapat diperoleh pescrta didik
            tentang proses dan hasil belajar yang telah mercka tcmpuh.  Hal
            ini disebabkan intcraksi langsung antara pcngajar dan pcscrta
            didik relatif' rcndah.  Pcserta didik tidak dapat mcngetahui hasil
            bclajar yang telah mcreka tcmpuh, kcsalahan yang mcreka
            lakukan, dan pcrbaikan yang perlu mereka lakukan dalam pro-
            ses bclajar.  Kondisi ini akan bcrakibat terhadap kurangnya
            aspek penguatan (rein(hrcement)  tcrhadap kebcrhasilan belajar
            mahasiswa, yang pada akhirnya akan berakibat tcrhadap
            rcndahnya motivasi mereka untuk belajar.
               Kendala kurangnya interaksi antara institusi PTJJ  dengan
            pcserta didik tcrscbut dapat dijcmbatani dengan pemanfaatan
            media intcraktifyang memungkinkan adanya komunikasi dua
            arah.  Sifat interaktif media yang ideal tcrletak pada
            kemungkinan siswa dapat mcmberi rcspon tcrhadap informasi
            yang disampaikan se1ia mempcroleh umpan balik terhadap
            respon tcrsebut dalam waktu yang relatif cepat.  Menurut
            Ilannafin dan Peck (1998), umpan balik dalam media intcraktif
            dapat berbcntuk:  "  .. .providing infhrmation to learner about
            their perfhnnance or providing corrective information about
            unsucces.1jiJl performance "(hal.  121 ).  Potensi media komputer
            yang dapat dimanfaatkan untuk mcningkatkan efcktivitas
            proses pembelajaran pada sistim PTJJ  antara lain:




                                                                   45
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64