Page 59 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 59
beberapa faktor yaitu: ketersediaan pesawat TV pencrima,
kemampuan siaran pendidikan bersaing dengan siaran
komcrsial dan budaya masyarakat setcmpat (Scwaii, 1988).
Dari begitu banyak institusi PT.TJ, scjumlah institusi yang
telah memanfaatkan siaran televisi untuk menyampaikan materi
ajar antara lain: The United Kingdom Open University
(Inggris), National Radio and Television Universi(v(or
Teachers (Polandia), College of the Air (Mauritius), dan
University o(the Air (Japan).
d. Media Berbantuan Komputer
Salah satu kclcmahan penyelenggaraan sistem PTJJ adalah
minimnya umpan balik yang dapat diperoleh pescrta didik
tentang proses dan hasil belajar yang telah mercka tcmpuh. Hal
ini disebabkan intcraksi langsung antara pcngajar dan pcscrta
didik relatif' rcndah. Pcserta didik tidak dapat mcngetahui hasil
bclajar yang telah mcreka tcmpuh, kcsalahan yang mcreka
lakukan, dan pcrbaikan yang perlu mereka lakukan dalam pro-
ses bclajar. Kondisi ini akan bcrakibat terhadap kurangnya
aspek penguatan (rein(hrcement) tcrhadap kebcrhasilan belajar
mahasiswa, yang pada akhirnya akan berakibat tcrhadap
rcndahnya motivasi mereka untuk belajar.
Kendala kurangnya interaksi antara institusi PTJJ dengan
pcserta didik tcrscbut dapat dijcmbatani dengan pemanfaatan
media intcraktifyang memungkinkan adanya komunikasi dua
arah. Sifat interaktif media yang ideal tcrletak pada
kemungkinan siswa dapat mcmberi rcspon tcrhadap informasi
yang disampaikan se1ia mempcroleh umpan balik terhadap
respon tcrsebut dalam waktu yang relatif cepat. Menurut
Ilannafin dan Peck (1998), umpan balik dalam media intcraktif
dapat berbcntuk: " .. .providing infhrmation to learner about
their perfhnnance or providing corrective information about
unsucces.1jiJl performance "(hal. 121 ). Potensi media komputer
yang dapat dimanfaatkan untuk mcningkatkan efcktivitas
proses pembelajaran pada sistim PTJJ antara lain:
45