Page 62 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 62
pcmanfaatan komputcr dalam sistim PTJJ tidak hanya dapat
digunakan secara stand alone tetapi dapat pula dimanfaatkan
dalam suatu jaringan. Jaringan komputer atau computer
network telah mcmungkinkan proses belajar menjadi lebih luas,
lcbih interaktif dan lcbih fleksibel. Peserta didik dapat
mclakukan proses belajar tanpa dibatasi oleh faktor ruang dan
waktu, artinya, jika ada fasilitas jaringan, peserta didik dapat
melakukan proses belajar di mana saja dan kapan saja.
Kelebihan lain darijaringan komputer sebagai media
pendidikan adalah adanya kemungkinan siswa untuk
melakukan interaksi dengan sesama pcserta didik, dan dengan
tutor. Kemampuan interaktif ini mampu mcmbuat proses
bela jar menjadi lcbih cfektif yang memberi kemungkinan
kcpada tutor atau instruktur untuk membcrikan umpan balik
((eedhack) tcrhadap proses dan hasil bela jar peserta didik.
Jaringan komputcr yang paling umum digunakan adalah
internet. Saat ini tcknologi internet tclah memungkinkan setiap
orang memperoleh akses yang lebih besar terhadap bcragam
informasi yang tersedia. Teknologi ini telah dimanfaatkan
sccara luas mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pada
jenjang yang lebih tinggi. Mcisaac & Barnard (1995)
mengemukakan bahwa:
" ... The internet is, in fact, a collection of independent
academic, scientific, government, and commercial
network providing electronic mail and access to(ile
server lvithfree so(iware and millions (){pages o('text
and graphic data that even thousands of element my and
secondmy students are now using" (hal.418).
Dengan kemajuan teknologi jaringan internet, bela jar
mclalui dunia maya pun mulai dikenal baik. Penyampaian
matcri dalam pcmbelajaran maya, baik sebagian maupun sccara
utuh, dikemas dan disampaikan melalui komputer secara
online. Hoyer ( 1999) mengemukakan bahwa pada institusi
penyelenggara PJJ yang menerapkan bclajar maya ini,
penyampaian seluruh proses pembelajarannya dilakukan sccara
48