Page 66 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 66
menjadi sia-sia apabila peserta didik tidak dapat menerimanya,
hanya karena mereka tidak memiliki akscs terhadap media yang
membawa bahan ajar tersebut. Akses terhadap penggunaan media
oleh institusi penyelenggara PTJJ juga mcnjadi pertimbangan
dalam pemilihan media. Pengertian akses disini adalah
ketersediaan sarana yang mendukung pengembangan maupun
penggunaan media tertentu baik yang berasal dari dalam dan luar
institusi penyclenggara PTJJ.
2. Faktor Biaya
Dalam menentukan pilihan mengenai media apa yang akan
digunakan dalam PTJJ, faktor biaya mcrupakan faktor yang tidak
dapat dihindarkan. Banyak orang berpikir bahwa PJJ bera1ii
penyelenggaraan pendidikan dengan biaya murah. Hal ini bisa saja
benar tetapi bisa juga tidak karcna murah tidaknya
penyelenggaraan suatu PJJ tergantung pada media apa yang
digunakan dan berapa banyakjumlah pcserta didiknya. Misalnya,
sebuah institusijarakjauh memilih menggunakan media video
interaktif. Penggunaan media ini akan terhitung mahal apabila
hanya digunakan untuk peserta didik yang berjumlah sedikit tetapi
sebaliknya dapat terhitung murah apabila peserta didiknya banyak.
Bcgitu pula hila institusi PTJJ memilih menggunakan media eetak.
Dengan jumlah peserta didik yang ban yak maka biaya
penyelenggaraan pendidikan ini akan dirasakan sangat murah.
Walaupun faktor biaya ini sangat penting untuk dipertimbangkan
dalam menentukan pilihan media yang akan digunakan, Bates
( 1995) mengingatkan bahwa akan sangat berbahaya apabila para
peraneang PTJJ hanya memperhatikan masalah biaya yang
dikeluarkan tanpa melihat keuntungan dari penggunaan media
yang dipilih.
3. Fungsi pembelajaran
Secara selintas pemilihan media yang digunakan sebagai alat
transfer materi ajar kepada peserta didik dalam PTJJ sangat
tergantung pada faktor biaya yang harus dikeluarkan, baik olch
52