Page 71 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 71

LAHIRNYA PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK
              JAUH  DIINDONESIA: SUATU FLASHBACK

                                 H.A.R. Tilaar


              Ketika masyarakat dan Bangsa Indonesia bangun kembali dari
        kemelut krisis politik dan ekonomi pada bagian kedua dekadc tahun
        60-an maka dimulailah suatu era baru untuk membangun kembali
        masyarakat dan Bangsa Indonesia.  Di dalam kcinginan besar untuk
        pembangunan kembali, disusunlah reneana pembangunan yang
        dikenal scbagai Reneana Pembangunan Lima Tahun yang pertama
        (REPELITA 1).  Pada April tahun 1969 dimula langkah pertama
        pembangunan tersebut.  Data yang digunakan di dalam rcneana
        pembangunan nasional tersehut masih kurang memadai, bukan
        hanya karena keterbatasan waktu pcrsiapanjuga data pcndukung
        yang kurang lcngkap.  Tcn11asuk didalamnya reneana pcmbangunan
        pendidikan nasional.  Sungbruhpun disadari bahwa pcndidikan
        nasional pada waktu itu membutuhkan penanganan yang serius
        namun porsi alokasi pembangunan sektor pcndidikan di dalam
        pembangunan nasional masih sangat keeil.  Menyadari bctapa
        pentingnya pembangunan manusia Indonesia pada waktu itu,
        meskipun reneana pcmbangunan sudah mulai dilaksanakan pada 1
        April 1969, Pemcrintah menyadari suatu keharusan mcmperoleh
        suatu gambaran yang menycluruh dan lebih akurat mengenai
        kcadaan pcndidikan nasional.
              Dalam kaitan ini dilaksanakan Seminar Nasional mengenai
        pendidikan yang dikcnal sebagai Konpercnsi Cipayung pada tanggal
        28-30 April 1969 ketika  100 orang pakar dari berbagai disiplin
        mengindcntifikasikan beragam masalah pendidikan nasional.  Salah
        satu implikasi dari Konferensi Cipayung ialah lahirnya Proyek
        Penilaian Nasional Pendidikan (PPNP) I pada 1 Mei  1969.  Proyck
        ini telah menghasilkan suatu gambaran menycluruh mcngcnai
        pendidikan nasional.  Salah satu strategi yang pcrlu dikembangkan
        adalah bagaimana sistem pendidikan nasional yang ada dapat
        menampung kebutuhan pendidikan yang semakin lama semakin



                                                                   57
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76