Page 67 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 67
institusi penyelcnggara PTJJ maupun oleh peserta didik dan
kctersediaan media bagi peserta didik.
Walaupun pcmikiran ini sangat masuk aka!, pemilihan media
temyata sangat berkaitan erat dengan fungsi pembclajaran.
Bcrkaitan dcngan hal ini Gagne et.al. ( 1988) melihat tiga faktor
yang perlu diperhatikan, yaitu:
• karakteristik fisik media
• tujuan belajar
• kemampuan peserta didik
Kctiga faktor ini mcmpunyai peranan yang eukup besar dalam
pemilihan media yang lepat dalam PTJJ.
a. Karakteristik fisik media
Karakteristik fisik media merupakan satu hal yang perlu
dipetiimbangkan dalam pemilihan media. Petiimbangan ini
berkaitan dengan kemampuan media untuk menyajikan
infonnasi verbal, baik dalam bentuk teks maupun audio.
Kemampuan audio umumnya mcrupakan kemampuan
tambahan dari beberapa media, misalnya media kompuler
dcngan kemajuan teknologi dapat menyajikan suara, media
televisi dan lain-lain. Kemampuan media dalam mcnyajikan
informasi visual dan gerakan merupakan salah satu karakter
fisik yang dapat mendasari pemilihan media.
b. Tujuan bclajar
Seeara umum dapat dikatakan bahwa hampir semua jcnis
media digunakan untuk menyampaikan sebagian bcsar tujuan
bclajar, tetapi tidak pula disangkal bahwa media tertentu akan
lebih efektif apabila digunakan untuk pencapaian tujuan bclajar
tertentu pula. Misalnya, untuk mengajarkan bahasa asing,
media cetak tidak cukup mcmadai untuk menyampaikan materi
ajarnya. Kemampuan berbahasa asing tidak akan dapat dikuasai
olch perse11a didik hanya mclalui media cetak saja. Dalam hal
ini penggunaan media tambahan seperti kaset audio dan video
akan menyempurnakan pemahaman ataupun penguasaan
53