Page 64 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 64

•  Menciptakan motivasi belajar
           •  Meningkatkan hasil belajar
           •  Membuat peserta didik mengingat pengetahuan lebih lama
           •  Mcmungkinkan peserta didik mampu menerapkan pengctahuan
             yang dipelajari
              Tingkat efiktifitas penggunaan media juga ditcntukan dengan
           diperhatikannya karakteristik media yang berkualitas dalam PJJ.
           Kearsley & Moore (1996:  122-123) mcngcmukakan bcbcrapa
           karakteristik penting tentang kualitas media yang digunakan dalam
           PTJJ.  Secara umum media pembelajaran yang digunakan dalam
           PTJJ perlu memiliki karakteristik sebagai berikut.
           •  Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas
           •  Dirancang dalam unit-unit kecil
           •  Melibatkan peserta didik dalam kcgiatan pembelajaran
           •  Lengkap
           •  Mengandung adanya pengulangan
           •  Memungkinkan siswa mclakukan sintesis
           •  Memberikan dorongan belajar
           •  Bervariasi
           •  Open-ended
           •  Memberi umpan balik
           •  Melakukan evaluasi secara kontinyu
              Apabila dalam pengembangan materi yang disampaikan
           melalui media telah memperhatikan karakteristik media yang
           bcrkualitas tersebut, maka efektifitas pemanfaatan media tersebut
           dapat lebih terjamin.


         PEMILIHAN MEDIA DALAM PT JJ
              Pemilihan media untuk PTJJ berbeda dengan pemilihan media
         bagi pendidikan yang menggunakan sistem belajar tatap muka,
         walaupun keduanya tetap mengacu kepada karakteristik yang
         dimiliki oleh masing-masing media.  Perbedaan ini pada dasarnya
         terletak pada bagaimana memanfaatkan karakteristik tiap-tiap media
         untuk dapat diterapkan dalam PTJJ yang bercirikan adanya


         50
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69