Page 64 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 64
• Menciptakan motivasi belajar
• Meningkatkan hasil belajar
• Membuat peserta didik mengingat pengetahuan lebih lama
• Mcmungkinkan peserta didik mampu menerapkan pengctahuan
yang dipelajari
Tingkat efiktifitas penggunaan media juga ditcntukan dengan
diperhatikannya karakteristik media yang berkualitas dalam PJJ.
Kearsley & Moore (1996: 122-123) mcngcmukakan bcbcrapa
karakteristik penting tentang kualitas media yang digunakan dalam
PTJJ. Secara umum media pembelajaran yang digunakan dalam
PTJJ perlu memiliki karakteristik sebagai berikut.
• Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas
• Dirancang dalam unit-unit kecil
• Melibatkan peserta didik dalam kcgiatan pembelajaran
• Lengkap
• Mengandung adanya pengulangan
• Memungkinkan siswa mclakukan sintesis
• Memberikan dorongan belajar
• Bervariasi
• Open-ended
• Memberi umpan balik
• Melakukan evaluasi secara kontinyu
Apabila dalam pengembangan materi yang disampaikan
melalui media telah memperhatikan karakteristik media yang
bcrkualitas tersebut, maka efektifitas pemanfaatan media tersebut
dapat lebih terjamin.
PEMILIHAN MEDIA DALAM PT JJ
Pemilihan media untuk PTJJ berbeda dengan pemilihan media
bagi pendidikan yang menggunakan sistem belajar tatap muka,
walaupun keduanya tetap mengacu kepada karakteristik yang
dimiliki oleh masing-masing media. Perbedaan ini pada dasarnya
terletak pada bagaimana memanfaatkan karakteristik tiap-tiap media
untuk dapat diterapkan dalam PTJJ yang bercirikan adanya
50