Page 65 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 65

ketcrbatasan jarak, ruang dan waktu.  Bagaimana sebuah institusi
       yang akan mcnerapkan PTJJ dapat mencntukan pilihan media yang
        akan digunakan dalam menyampaikan bahan ajamya?  Banyak
        faktor yang mcmpengaruhi dan pcrlu dipertimbangkan dalam
       memilih media yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan sebuah
        institusi pcnyelenggara PTJJ.  Rowntree (1994) mengemukakan
       sejumlah kriteria yang perlu dipertimbangkan oleh pengambil
       kcputusan dalam pemilihan media dalam PTJJ yang antara lain
       berkaitan dengan tujuan bclajar yang akan dicapai, kondisi peserta
       didik yang meliputi aksesibilitas terhadap media, kenyamanan
       mcnggunakan media, mampu memotivasi, serta kemampuan
       organisasi dalam pengembangan dan pengadaan media.  Sementara
       Bates (1995) mengembangkan sebuah kerangka pemilihan media
       yang sistimatis dengan memperhatikan tujuh faktor yang perlu
       dipertimbangkan yaitu: access (aksesibilitas), costs (biaya), teaching
       and learning (proses pengajaran dan pembelajaran), interactivity
        (interaktifitas), organisational issues (permasalahan organisasi),
       novelty (kcmuktahiran), dan speed (kecepatan).  Ketujuh faktor
       disingkat dalam akronim yang mudah dikenali yaitu ACTIONS.
             Pada dasamya Rowntree maupun Bates sependapat bahwa
       pemilihan media dalam PTJJ perlu memperhatikan beberapa faktor
       seperti: akses terhadap media baik bagi peserta didik maupun
        institusi penyelenggara, biaya, peranan media dalam proses
       pembelajaran dan pengajaran. Faktor-faktor tersebut merupakan
        faktor yang sangat mendasar yang perlu diperhatikan dan
        dipertimbangkan bagi mereka yang bem1inat dalam PTJJ atau
       bahkan bagi mereka yang telah terjun dalam dunia PTJJ.

        1. Akses terhadap media
             Pengertian akses terhadap media adalah adanya ketersedian
         dan kemudahan memperoleh atau menggunakan media.  Akses
         terhadap media ini harus dilihat dari dua sisi, yaitu sisi institusi
         penyelenggara PTJJ dan sisi peserta didik!calon peserta didik.
         Dalam PTJJ,  seberapapun pentingnya bahan ajar yang akan
         disampaikan dan betapapun baiknya teknik penyampaiannya, akan




                                                                   51
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70