Page 61 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 61
yang lebih disukai terlebih dahulu.
Permainan (game) selalu menarik dan menyenangkan untuk
diikuti, dcmikian pula halnya dengan program komputer yang
mengemas infonnasi dalam bentuk pennainan. Program yang
berisi pennainan dapat memberi motivasi bagi siswa untuk
mempclajari informasi yang ada di dalamnya. Hal ini sangat
berkaitan erat dengan esscnsi bentuk permainan yang selah1
menampilkan masalah menantang yang perlu dicari solusinya
oleh pcmakai.
Program simulasi berupaya melibatkan siswa dalam
persoalan yang mirip dcngan situasi yang scbcnarnya namun
tanpa resiko yang nyata. Melalui program simulasi pescrta
didik diajak untuk mcmbuat keputusan yang tepat dari beberapa
alternatif solusi yang ada. Sctiap keputusan yang diambil akan
memberi dampak tcrtentu.
Dalam program berbcntuk penemuan (discovery), program
komputcr mampu menayangkan masalah yang harus
dipecahkan olch peserta didik dengan cara trial and error.
Peserta didik harus terus mencoba sampai berhasil menemukan
solusi yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Dengan
cara ini mercka diharapkan dapat lcbih memahami prosedur
yang ditempuh untuk memecahkan suatu masalah dan mampu
mengingatnya lebih lama.
Bcntuk lain dari tayangan komputcr interaktif adalah
problem solving atau pemecahan masalah. Program seperti ini
dapat dibedakan menj adi dua j enis berdasarkan cara yang
ditempuh siswa dalam membcrikan respon. Pada cara yang
pertama siswa merumuskan sendiri solusi masalah yang
ditampilkan lewat komputer dan mcmasukkan program ke
dalamnya. Scdangkan pada cara yang kcdua, komputer
menyediakanjawaban yang mewakili respon siswa terhadap
masalah yang ditayangkan oleh komputer.
e. Internet
Dengan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini,
47