Page 61 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 61

yang lebih disukai terlebih dahulu.
              Permainan (game)  selalu menarik dan menyenangkan untuk
            diikuti, dcmikian pula halnya dengan program komputer yang
            mengemas infonnasi dalam bentuk pennainan.  Program yang
            berisi pennainan dapat memberi motivasi bagi siswa untuk
            mempclajari informasi yang ada di dalamnya.  Hal ini sangat
            berkaitan erat dengan esscnsi bentuk permainan yang selah1
            menampilkan masalah menantang yang perlu dicari solusinya
            oleh pcmakai.
               Program simulasi berupaya melibatkan siswa dalam
            persoalan yang mirip dcngan situasi yang scbcnarnya namun
            tanpa resiko yang nyata.  Melalui program simulasi pescrta
            didik diajak untuk mcmbuat keputusan yang tepat dari beberapa
            alternatif solusi yang ada.  Sctiap keputusan yang diambil akan
            memberi dampak tcrtentu.
               Dalam program berbcntuk penemuan (discovery), program
            komputcr mampu menayangkan masalah yang harus
            dipecahkan olch peserta didik dengan cara trial and error.
            Peserta didik harus terus mencoba sampai berhasil menemukan
            solusi yang diperlukan untuk memecahkan masalah.  Dengan
            cara ini mercka diharapkan dapat lcbih memahami prosedur
            yang ditempuh untuk memecahkan suatu masalah dan mampu
            mengingatnya lebih lama.
               Bcntuk lain dari tayangan komputcr interaktif adalah
            problem solving atau pemecahan masalah.  Program seperti ini
            dapat dibedakan menj adi dua j enis berdasarkan cara yang
            ditempuh siswa dalam membcrikan respon.  Pada cara yang
            pertama siswa merumuskan sendiri solusi masalah yang
            ditampilkan lewat komputer dan mcmasukkan program ke
            dalamnya.  Scdangkan pada cara yang kcdua, komputer
            menyediakanjawaban yang mewakili respon siswa terhadap
            masalah yang ditayangkan oleh komputer.


         e.  Internet
              Dengan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini,



                                                                   47
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66