Page 56 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 56

relatif lebih murah dibandingkan dengan media lain, tetapi juga
             karena kcmampuannya untuk menjangkau daerah lebih luas dan
             terpencil.  Hal ini yang diungkapkan pula oleh Bansal & Chau-
             dary (1999) bahwa:
               "Radio has a great potential to support learning at a
               distance ...  Radio broadcasting has its inherent strength
               and .-,phere of influence.  It has outreach among the
               masses and is a more affordable medium. It can
               transcend literacy and geographical barriers and reach
               out to remote areas and hilly terrains vvith relatively lml"
               cost technology" (hal.  1 ).
               Walaupun media radio memiliki bcberapa keunggulan untuk
             dimanfaatkan dalam PTJJ, kelemahan media ini perlu pula
             dicem1ati.  Penelitian eli  The  United Kingdom Open  University
             di lnggris tentang pemanfaatan media radio menunjukkan
             bahwa walaupun program radio sangat mcmotivasi, temyata
             peserta didik mengalami kcsulitan belajar melalui radio.  Pada
             umumnya peserta didik mengalami kesulitan berkonsentrasi
             mendengarkan program yang bcrdurasi 20 menit.  Bahkan
             berdasarkan hasil penelitian, durasi sebaiknya tidak lebih dari
             15 menit atau bahkan 10 men it (Bates,  1986).  Hal ini
             mcrupakan suatu fakta yang tidak dapat dielakkan mengingat
             media radio bersifat transistory,  artinya materi ajar yang
             disiarkan melalui radio cepat bcrlalu dan mudah dilupakan.
             Sebagai dampak karakteristik ini, media radio lcbih tepat
             digunakan untuk menyampaikan materi ajar yang bersifat
             umum, auditif, konkrit, sehingga lebih mudah diterima.  Sclain
             itu faktor penggunaan bahasa yang sederhana dan kosa kata
             yang sudah dikcnal, pemberian contoh-contoh, baik melalui
             dramatisasi maupun kasus-kasus juga sangat berpengaruh pada
             keberhasilan penggunaan media radio.  Keterbatasan lain dari
             media ini adalah sebagai sarana komunikasi satu arah.  Untuk
             mengatasi keterbatasan ini penggunaan siaran radio harus
             disertai dengan fasilitas yang memungkinkan siswa dapat
             melakukan interaksi dua arah, misalnya dengan penggunaan




        42
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61