Page 54 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 54
pada masalah biaya pengcmbagan dan pcngadaan yang dapat
dikatagorikan lcbih murah dibanding dcngan media lain.
Fleksibilitas sebagai keunggulan media eetak yang tidak
dimiliki oleh media lain temyatajuga menjadi faktor pcndorong
atau faktor yang mcnentukan pemanfaatan media ectak pada
PTJJ. Fleksibilitas media cetak mencakup tleksibilitas tempat
(dapat digunakan di mana saja), waktu (kapan saja), wujud
(buku materi pokok, buku kerja, panduan bclajar, pamflet,
brosur, peta, chart), jenis cetakan (tulisan, gambar, foto, grafik,
tabel), serta kemampuannya untuk dipadukan dengan media
lain.
Pada kondisi ini, umumnya media cetak dimanfaatkan
sebagai media utama yang berisikan materi-materi utama,
sementara media lain berfungsi sebagai media yang
menyampaikan matcri penjelasan. Kombinasi antara media
cetak dengan media video/telcvisi merupakan contoh
pemanfaatan media sccara tcrpadu. Media cetak dipergunakan
scbagai bahan utama yang digunakan untuk mcmpclajari
infonnasi yang tcrdapat dalam media telcvisi/video. Media
video dalam hal ini, digunakan untuk menjclaskan konsep-
konsep dalam materi ajar yang tidak dapat diajarkan secara
cfektif melalui media cetak. Di samping itu, lleksibilitas lain
dari media cetak yang sangat mcnonjol dalam pcmanfaataannya
dalam PTJJ adalah kemampuannya untuk disajikan dalam
format modulcr. Pemanf~1atan sistem moduler mempunyai
makna bahwa matcri ajar dapat dipelajari bagian per bagian
sccara runtut dan bcrkesinambungan. Dcngan cara ini
pcngguna diharapkan akan mampu mcmahami matcri ajar
sccara mcnyeluruh. Institusi PTJJ yang berbasis pada media
cetak (print based), umumnya mcmanfaatkan sistcm modulcr
dalam menyampaikan bahan ajar. Mcnurut Mager (1995),
dalam sistem modulcr, bahan ajar cetak sclain berisi materi ajar
juga menyajikan latihan untuk menerapkankan keterampilan
atau kompetensi yang sedang dipelajari dan umpan balik yang
mcnjadi indikator tentang kualitas latihan yang tclah dilakukan
40