Page 54 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 54

pada masalah biaya pengcmbagan dan pcngadaan yang dapat
            dikatagorikan lcbih murah dibanding dcngan media lain.
            Fleksibilitas sebagai keunggulan media eetak yang tidak
            dimiliki oleh media lain temyatajuga menjadi faktor pcndorong
            atau faktor yang mcnentukan pemanfaatan media ectak pada
            PTJJ.  Fleksibilitas media cetak mencakup tleksibilitas tempat
            (dapat digunakan di  mana saja), waktu (kapan saja), wujud
            (buku materi pokok, buku kerja, panduan bclajar, pamflet,
            brosur, peta, chart), jenis cetakan (tulisan, gambar, foto, grafik,
            tabel), serta kemampuannya untuk dipadukan dengan media
            lain.
               Pada kondisi ini, umumnya media cetak dimanfaatkan
            sebagai media utama yang berisikan materi-materi utama,
            sementara media lain berfungsi sebagai media yang
            menyampaikan matcri penjelasan.  Kombinasi antara media
            cetak dengan media video/telcvisi merupakan contoh
            pemanfaatan media sccara tcrpadu.  Media cetak dipergunakan
            scbagai bahan utama yang digunakan untuk mcmpclajari
            infonnasi yang tcrdapat dalam media telcvisi/video.  Media
            video dalam hal ini, digunakan untuk menjclaskan konsep-
            konsep dalam materi ajar yang tidak dapat diajarkan secara
            cfektif melalui media cetak.  Di samping itu,  lleksibilitas lain
            dari media cetak yang sangat mcnonjol dalam pcmanfaataannya
            dalam PTJJ adalah kemampuannya untuk disajikan dalam
            format modulcr.  Pemanf~1atan sistem moduler mempunyai
            makna bahwa matcri ajar dapat dipelajari bagian per bagian
            sccara runtut dan bcrkesinambungan.  Dcngan cara ini
            pcngguna diharapkan akan mampu mcmahami matcri ajar
            sccara mcnyeluruh.  Institusi PTJJ yang berbasis pada media
            cetak (print based),  umumnya mcmanfaatkan sistcm modulcr
            dalam menyampaikan bahan ajar.  Mcnurut Mager (1995),
            dalam sistem modulcr, bahan ajar cetak sclain berisi materi ajar
            juga menyajikan latihan untuk menerapkankan keterampilan
            atau kompetensi yang sedang dipelajari dan umpan balik yang
            mcnjadi indikator tentang kualitas latihan yang tclah dilakukan



        40
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59