Page 50 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 50
MEDIA DALAM PENDIDIKAN TERBUKA DAN
JARAKJAUH
Dewi Padmo & Benny Pribadi
Pcnyelenggaran Pendidikan Tcrbuka dan Jarak Jauh (PTJJ)
sangat lckat dengan penggunaan media. Scsuai dengan karakteristik
PTJJ, dapat dikatakan bahwa scbagian besar bahan ajar disampaikan
melalui beraneka ragam media; baik media ectak (misalnya buku),
maupun noncetak (misalnya audio-visual, komputer). Para ahli,
umumnya sependapat bahwa PTJJ memiliki sedikitnya dua
karaktcristik (Keegan, 1991 ). Karakteristik pertama ada lab adanya
ketcrpisahan antara pengajar dengan peserta didik, baik ditinjau dari
sisi jarak, ruang maupun waktu. Karakteristik kedua adalah adanya
penggunaan media. Dari pendapat tersebut, keterpisahan antara
pcngajar dan pcscrta didik terlihat sebagai clemen utama yang
menj adi karakteristik dasar pendidikan jarak j auh (PJJ). Sementara
elemen kedua, pcnggunaan media, merupakan dampak dari adanya
keterpisahan ini. Untuk menjembatani keterpisahan ini dibutuhkan
kehadiran media komunikasi. Kehadiran media ini menjadi salah
satu ciri kcsamaan an tara instititusi penyclenggara PT.JJ.
Sementara salah satu faktor yang dapat membedakan institusi
penyelenggara PTJJ adalahjenis media yang digunakan. Variasi
penggunaan media antar institusi penyelenggara PTJJ sangat
beragam mengingat banyaknya jenis media yang dapat
dimanfaatkan, mulai dari media yang paling sederhana sampai pada
yang paling canggih. Smaldino (2003) mengcmukakan bahwa peran
media dalam Sistem PJJ adalah sebagai fasilitas untuk
mcnyampaikan materi pembelajaran yang telah dikembangkan
secara terstruktur sedemikian rupa dengan asumsi bahwa
pcnggunanya mempelajari materi tersebut di luar ruang kelas, dan
belajar secara individual.
. Dalam menentukan media yang digunakan, selain situasi dan
kondisi institusi, ada dua hal yang harus diperhatikan dan dijadikan
36