Page 55 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 55
olch siswa. Secara lebih rinci Mager ( 1995) mcngungkapkan
beberapa komponcn penting dalam bahan ajar yang
mcnggunakan sistem modulcr. Komponcn tersebut antara lain:
• Deskripsi materi ajar secara mcnyeluruh (program picture)
• Tujuan pembelajaran yang akan dicapai (objective)
• Manfaat dan relevansi materi ajar (relevance)
• Contoh kompetensi yang akan dimiliki setelah mempclajari
modul (demo)
• Materi ajar (instruction)
• Latihan (practice)
• Umpan balik (feedback)
• Cara untuk menguji keterampilan yang telah dipelajari
Dcngan kcmampuan berpcnampilan demikian, maka
wajarlah media cctak mampu berperan sebagai media yang
paling banyak digunakan scrta mampu mcmpcrtahankan
pcranannya dalam PTJJ. Sclain itu, apabila ditinjau dari
cakupan matcri yang akan disampaikan, maka terlihat
f1cksibilitas media cctakpun cukup tinggi. Hal ini diungkapkan
oleh Scwart, dkk (1988) sebagai bcrikut.
"Print material is more usefitlfor providing content
where a good deal of ground needs to he covered or
where certain skills (analytical, mathematical.
conceptual) need to be developed" (hal.239).
b. Radio
Radio tclah dikcnal scbagai media yang sangat
memasyarakat. Di negara-ncgara maju, misalnya, hampir
semua orang memiliki radio (UNESCO, 1986). Sementara
pada ncgara-negara berkcmbang radio dikategorikan sebagai
barang yang cukup tcrjangkau harganya dan mudah didapat
(Vcrduin,1991). Hal ini mcnunjukkan bahwa radio merupakan
sebuah media yang memiliki akscsibilitas tinggi. Dalam PTJJ
media radio juga dikcnal scbagai media yang cukup banyak
digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan matcri ajar.
Kcnyataan ini tidak hanya discbabkan olch biaya produksi yang
41