Page 51 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 51
sebagai aeuan bagi pengelola dan pengambil keputusan PTJJ, yaitu
ragam media yang tersedia dan pemilihan media yang tepat guna dan
tepat sasar.
RAGAM MEDIA DALAM PTJJ
Media yang digunakan dalam PTJJ pada hakekatnya sangat
dipengaruhi oleh pekembangan teknologi. Dalam era kemajuan
teknologi yang luar biasa, media yang dapat dipilih dan digunakan
semakin luas. Banyak institusi penyelenggara PTJJ berlomba
memanfaatkan media pembelajaran yang eanggih, modern dan
mahal. Mereka berasumsi bahwa semakin eanggih media yang
digunakan maka semakin tinggi pula nilai kontribusi terhadap proses
pembelajaran. Asumsi ini tidak selamanya benar, sebab media yang
sederhana sekalipun, apabila digunakan sesuai dengan karakteristik
dan kemampuannya akan memberikan nilai pembelajaran yang
signifikan. Untuk daerah terpencil dan terisolasi serta daerah yang
belum memiliki tcnaga listrik, penggunaan media yang sederhana
tentunya akan lebih efcktif. Pertanyaan yang timbul kemudian
adalah: Bagaimana para pcrancang dan pengelola PT.TJ dapat
mengetahui media apa yang paling tepat diterapkan? Untuk
menjawab pertanyaan ini, diperlukan sebuah pemahaman yang baik
mengcnai scluk beluk media.
1. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Media
Media telah lama dimcngerti sebagai alat komunikasi yang
digunakan untuk menyampaikan suatu informasi. Apabila media
ini dikaitkan dengan kegiatan pcmbelajaran, maka dapat diartikan
bahwa media adalah alat komunikasi yang digunakan untuk
membawa informasi yang dimaksudkan untuk pcmbelajaran
(Heinich, et.al, 1996). Mengingat banyaknya ragam media yang
dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pcmbelajaran, maka untuk
memudahkan mempclajari media-media terscbut pada w1mmny"a
dilakukan pengelompokan.
Salah satu penggolongan media yang dikenal adalah menurut
Brezt ( 1972), yang mengidentifikasi media dalam tiga unsur pokok
37