Page 51 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 51

sebagai aeuan bagi pengelola dan pengambil keputusan PTJJ,  yaitu
        ragam media yang tersedia dan pemilihan media yang tepat guna dan
        tepat sasar.

        RAGAM  MEDIA DALAM  PTJJ

              Media yang digunakan dalam PTJJ pada hakekatnya sangat
        dipengaruhi oleh pekembangan teknologi.  Dalam era kemajuan
        teknologi yang luar biasa, media yang dapat dipilih dan digunakan
        semakin luas.  Banyak institusi penyelenggara PTJJ berlomba
        memanfaatkan media pembelajaran yang eanggih, modern dan
        mahal.  Mereka berasumsi bahwa semakin eanggih media yang
        digunakan maka semakin tinggi pula nilai  kontribusi terhadap proses
        pembelajaran.  Asumsi ini tidak selamanya benar, sebab media yang
        sederhana sekalipun, apabila digunakan sesuai dengan karakteristik
        dan kemampuannya akan memberikan nilai pembelajaran yang
        signifikan.  Untuk daerah terpencil dan terisolasi serta daerah yang
        belum memiliki tcnaga listrik, penggunaan media yang sederhana
        tentunya akan lebih efcktif.  Pertanyaan yang timbul kemudian
        adalah:  Bagaimana para pcrancang dan pengelola PT.TJ  dapat
        mengetahui media apa yang paling tepat diterapkan? Untuk
        menjawab pertanyaan ini, diperlukan sebuah pemahaman yang baik
        mengcnai scluk beluk media.

         1.  Pengertian, Jenis dan Karakteristik Media
              Media telah lama dimcngerti sebagai alat komunikasi yang
          digunakan untuk menyampaikan suatu informasi.  Apabila media
          ini dikaitkan dengan kegiatan pcmbelajaran, maka dapat diartikan
          bahwa media adalah alat komunikasi yang digunakan untuk
          membawa informasi yang dimaksudkan untuk pcmbelajaran
          (Heinich, et.al, 1996).  Mengingat banyaknya ragam media yang
          dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pcmbelajaran, maka untuk
          memudahkan mempclajari media-media terscbut pada w1mmny"a
          dilakukan pengelompokan.
              Salah satu penggolongan media yang dikenal adalah menurut
          Brezt (  1972), yang mengidentifikasi media dalam tiga unsur pokok



                                                                    37
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56