Page 53 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 53

ada empat kelompok teknologi yang mempengaruhi penggunaan
          media dalam PTJJ, yaitu:
          •  Media eetak
          •  Media massa/siar/tayang
          •  Media personal
          •  Media tclekomunikasi
             Dari sudut waktu dan tempat pemanfaatan media, Jonassen
          (!996) membedakan media dalam empat katagori waktu dan
          tcmpat pemanfaatannya sebagai berikut.
          •  Waktu tertentu-tempat tertentu.  Media yang masuk dalam
            katagori ini seperti overhead projector, aflip chart, electronic
            blackboard, display komputer melalui LCD projector.
          •  Waktu bersamaan-tempat berbeda.  Jenis media yang masuk
            katagori ini antara lain radio, televisi, serta telekonferensi audio
            maupun video.
          •  Waktu berbcda-tempat sama.  Media yang dapat digunakan
            dalam katagori waktu dan tempat seperti ini adalah jenis media
            seperti mieoeomputer dan media yang biasanya digunakan di
            pcrpustakaan seperti buku, kasct.
          •  Waktu berbeda-tempat berbcda.  Media ini pada umumnya
            digunakan pacta katagori waktu dan tempat scperti ini adalah
            media yang mampu menyajikan proses interaksi antara peserta
            didik dengan tutor atau instruktur atau antar peserta didik atau
            antar kclompok peserta didik.  Contoh mcdianya computer
            mediated instruction (CMC), dan computer assisted instruction
            (CAI)

        2.  Jcnis Media dan Pemanfaatannya dalam PTJJ
          a.  Media Cetak
               Media cetak digolongkan sebagai teknologi gcnerasi
             pertama dalam sistem PJJ (Garrison, 1990).  Hampir semua
             institusi PJJ di dunia memanfaatkan media cetak sebagai media
             utama untuk menyampaikan matcri ajar.  Kenyataan yang
             demikian menempatkan media eetak dalam posisi "primadona"
             dalam PTJJ.  Kondisi tersebut tentu saja tidak hanya didasarkan



                                                                   39
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58