Page 53 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 53
ada empat kelompok teknologi yang mempengaruhi penggunaan
media dalam PTJJ, yaitu:
• Media eetak
• Media massa/siar/tayang
• Media personal
• Media tclekomunikasi
Dari sudut waktu dan tempat pemanfaatan media, Jonassen
(!996) membedakan media dalam empat katagori waktu dan
tcmpat pemanfaatannya sebagai berikut.
• Waktu tertentu-tempat tertentu. Media yang masuk dalam
katagori ini seperti overhead projector, aflip chart, electronic
blackboard, display komputer melalui LCD projector.
• Waktu bersamaan-tempat berbeda. Jenis media yang masuk
katagori ini antara lain radio, televisi, serta telekonferensi audio
maupun video.
• Waktu berbcda-tempat sama. Media yang dapat digunakan
dalam katagori waktu dan tempat seperti ini adalah jenis media
seperti mieoeomputer dan media yang biasanya digunakan di
pcrpustakaan seperti buku, kasct.
• Waktu berbeda-tempat berbcda. Media ini pada umumnya
digunakan pacta katagori waktu dan tempat scperti ini adalah
media yang mampu menyajikan proses interaksi antara peserta
didik dengan tutor atau instruktur atau antar peserta didik atau
antar kclompok peserta didik. Contoh mcdianya computer
mediated instruction (CMC), dan computer assisted instruction
(CAI)
2. Jcnis Media dan Pemanfaatannya dalam PTJJ
a. Media Cetak
Media cetak digolongkan sebagai teknologi gcnerasi
pertama dalam sistem PJJ (Garrison, 1990). Hampir semua
institusi PJJ di dunia memanfaatkan media cetak sebagai media
utama untuk menyampaikan matcri ajar. Kenyataan yang
demikian menempatkan media eetak dalam posisi "primadona"
dalam PTJJ. Kondisi tersebut tentu saja tidak hanya didasarkan
39