Page 68 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 68
bahasa asing tersebut.
c. Kemampuan peset1a didik dalam penggunaan media
Dalam pemilihan media untuk PTJJ, Rowntree (1994)
mcngemukakan perlu memperhatikan kemampuan perserta
diclik dalam mcnggunakan media set1a kccenderungan mereka
untuk menyukai media tetientu. Walaupun masih merupakan
asumsi apabila kondisi ini cliperhatikan akan sangat
beqJengaruh terhaclap proses belajar pada PTJ.J.
PENUTUP
Dalam sebuah penyelenggaraan sistem PTJJ, media
merupakan sebuah prasyarat yang cliperlukan untuk menjembatani
keterpisahan antara pcngajar clan peserta cliclik, yang menjacli eiri
a tau karakteristik sistim P JJ. Media mcmbcrikan kemungkinan
t.erjadinya proses belajar mengajar cia lam suatu sistim PT.JJ. Dari
sisi pengelolaan institusi pendiclikanjarakjauh, peran pengelola
dalam pemanf~wtan media adalah menentukan media yang tepa!
guna dan tepat sasar bagi pesetia clidik. Walaupun memang ticlak
dapat dipungkiri hahwa cepat lambatnya proses bclajar mengajar
yang bcrlangsung dalam sistim PTJJ sclain bergantung pada
kcmampuan clan karakteristik media yang digunakan juga
bergantung pada kemampuan pescrta diclik.
DAFTAR PUSTAKA
Bates, T. 1995. Technology, open learning am! distance education.
New York: Routledge.
Bates, T. 1986. Option for delivery media. In Perraton, Altenwtive
routes to.frJrmal education. Washington: World Bank.
Bates, T. 1988. Television, learning dan distance education:
International councilfhr distance education bulletin. 16(1),
29-38.
Moore, M.G. & Kearslcy. G. 1996. Distance education: /J S~vstem
view Belmont: Wadsworth Publishing company.
54