Page 68 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 68

bahasa asing tersebut.

         c.  Kemampuan peset1a didik dalam penggunaan media
               Dalam pemilihan media untuk PTJJ, Rowntree (1994)
            mcngemukakan perlu memperhatikan kemampuan perserta
            diclik dalam mcnggunakan media set1a kccenderungan mereka
            untuk menyukai media tetientu.  Walaupun masih merupakan
            asumsi apabila kondisi ini  cliperhatikan akan sangat
            beqJengaruh terhaclap proses belajar pada PTJ.J.

        PENUTUP

             Dalam sebuah penyelenggaraan sistem PTJJ, media
        merupakan sebuah prasyarat yang cliperlukan untuk menjembatani
        keterpisahan antara pcngajar clan peserta cliclik,  yang menjacli eiri
        a tau karakteristik sistim P JJ.  Media mcmbcrikan kemungkinan
        t.erjadinya proses belajar mengajar cia lam suatu sistim PT.JJ.  Dari
        sisi  pengelolaan institusi pendiclikanjarakjauh, peran pengelola
        dalam pemanf~wtan media adalah menentukan media yang tepa!
        guna dan tepat sasar bagi pesetia clidik.  Walaupun memang ticlak
        dapat dipungkiri hahwa cepat lambatnya proses bclajar mengajar
        yang bcrlangsung dalam sistim PTJJ sclain bergantung pada
        kcmampuan clan karakteristik media yang digunakan juga
        bergantung pada kemampuan pescrta diclik.

        DAFTAR PUSTAKA
        Bates, T.  1995.  Technology,  open learning am! distance education.
             New York: Routledge.
        Bates, T.  1986. Option for delivery media. In Perraton, Altenwtive
             routes to.frJrmal education.  Washington: World Bank.
        Bates, T.  1988. Television, learning dan distance education:
             International councilfhr distance education bulletin.  16(1),
             29-38.
        Moore, M.G. & Kearslcy. G.  1996. Distance education: /J  S~vstem
             view Belmont: Wadsworth Publishing company.



        54
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73