Page 72 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 72
men in g kLl t.
Artikcl ini mcnunjukkan bcbcrapa kondisi yang mcnunjang
lahirnya pcndidikan tcrhuka danjarak jauh (PT.T.I) di Indonesia sc1ia
berbagai faktor pcndukung dalam pcngcmbangannya sampai pada
pcrtcngahan dckadc ~W-an atau akhir PEUTA III.
KONDISI YANG MENUNJANG LAHIRNYA PTJJ Dl
INDONESIA
Scbcnarnya PTJ.J eli Indonesia rclatiftclah lama dikcnaL scjak
pada jaman kolonial. Pada masa itu sudah terdapat bcrbagai kursus
tcrtulis yang disclcnggarakan mclalui pos scpc1ii kursus pcmcgang
buku (13oeklzoulding) scrta beragam kursus bahasa asing (misalnya
Bclanda dan Inggris). Kcscmpatan dan sarana pendidikan yang
kurang mcmadai tclah menclorong lahirnya bcrmaeam jcnis
pendidikan altcrnatif terscbut di samping adanya kursus tatap muka.
Disamping itu tcrdapat bcrbagai kondisi yang menunjang
perkembangan dari PTJJ di Indonesia. Kondisi tcrscbut seeara
kcscluruhan tclah mclahirkan suasana kondusif bagi lahirnya suatu
sistcm pendidikan jarak jauh sebagai bagian dari sistcm pendidikan
nasional di kcmudian hari.
1. Amanat UUD 1945
Komitmen terhadap pendiclikan untuk pcmbangunan bangsa
Indonesia mcrupakan suatu amanat yang tertera di dalam
Pcmbukaan UUD 1945. Di dalam Pembukaan Konstitusi tcrsebut
dcngan jelas dikatakan bahwa tujuan untuk mcmbangun ncgara
Indonesia ialah antara lain untuk menecrdaskan kchidupan bangsa.
Tcntunya untuk mcmbangun suatu kchidupan bangsa yang ccrdas
dipcrlukan suatu sistcm pcndidikan pada bcrbagai jcnis dan tingkat
agar supaya mutu kehidupan rakyat semakin lama semakin
meningkat. Komitmcn untuk menccrdaskan kchidupan bangsa
dituangkan dalam Pasal 31 UUD 1945 yang menyatakan bahwa
tiap-tiap warga negara bcrhak mcndapat pcngajaran. Pemcrintah
mcngusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pcngajaran
nasional yang diatur clcngan undang-undang.
58