Page 77 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 77

Buku       (,_(,   6,9   7,3   X.6   7,3   S.5   12,5   14.0   15,0   30,0   32.0
        Bacaan
        ( Juta)
        Rumah                                 5.000  7.500   9500  20 ()()()  50.1100
        Kcpala
        Scko
        lah dan
        ()uru I lJnit)
        Rumah                                 l(l.OOO  10.000  11.350  12.0\111  111.X-t0
        Pcnjag.a
        Sck,,1ah
        (Unit)
        Jum.  Dana   17,2   1'!,1   4').')   57,3   S5,0  112.3  135,5  2511.S   3 7.\ ,4   5X'!.2  SS9.2
        (\lilyar Rp)



        4.  Pcmcrataan Pcndidikan dan Kcrnajuan Tcknologi Komunikasi
              Pada dckadc tahun 70-an tc1~jadi kcmajuan tcknologi
          komunikasi yang sangat pcsat antara lain dcngan pcnggunaan
          satclit.  Indonesia tcrmasuk di  antara scdikit ncgara di  dunia yang
          clcngan ccpat mcmanfaatkan kcmajuan tcknologi komunikasi
          clcngan pcluncuran satclit Palapa.  Satclit Palapa mcrupakan suatu
          kcbutuhan mcnclcsak dari  ncgara yang mcmpunyai scbaran
          gcogralis yang sangat luas.  Indonesia dcngan lcbih clari  3000
          pulau  mcmcrlukan sarana komunikasi yang ccpat clan murah.
          Pcluncuran satclit Palapa mcrupakan salah satu titik tolak penting
          eli  dalam mcmacu pcmbangunan nasional.  Komunikasi satclit
          tcrscbut tclah mclahirkan bcrbagai altcrnatifuntuk mcnccrdaskan
          kchidupan bangsa.  Mclalui satclit Palapa bukan saja inf(mnasi
          program pcmbangunan clapat dijangkau sccara lcbih luas di
          scluruh Nusantara tctapi informasi juga dapat eli man faatkan untuk
          mcmpcrluas dan mcmpcrccpat kcscmpatan untuk mcmpcrolch
          pcndidikan.
              Scpcrti yang tclah diuraikan \t'indf(t!/money tclah mclahirkan
          antara lain pcmbangunan clcngan ccpat gcclung SD yang tcrscbar
          di scluruh Nusantara.  Pcmbangunan gcdung SD yang ccpat dalam
          jumlah bcsar mcmiliki, paling tidak dua konsckucnsi. Pcrtama
           adalah tuntutan tcnaga kcpcndidikan yang bcrkualitas.  Kcdua.
           lulusan pcndidikan clasar mcningkat yang diccrminkan dari


                                                                    63
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82