Page 77 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 77
Buku (,_(, 6,9 7,3 X.6 7,3 S.5 12,5 14.0 15,0 30,0 32.0
Bacaan
( Juta)
Rumah 5.000 7.500 9500 20 ()()() 50.1100
Kcpala
Scko
lah dan
()uru I lJnit)
Rumah l(l.OOO 10.000 11.350 12.0\111 111.X-t0
Pcnjag.a
Sck,,1ah
(Unit)
Jum. Dana 17,2 1'!,1 4').') 57,3 S5,0 112.3 135,5 2511.S 3 7.\ ,4 5X'!.2 SS9.2
(\lilyar Rp)
4. Pcmcrataan Pcndidikan dan Kcrnajuan Tcknologi Komunikasi
Pada dckadc tahun 70-an tc1~jadi kcmajuan tcknologi
komunikasi yang sangat pcsat antara lain dcngan pcnggunaan
satclit. Indonesia tcrmasuk di antara scdikit ncgara di dunia yang
clcngan ccpat mcmanfaatkan kcmajuan tcknologi komunikasi
clcngan pcluncuran satclit Palapa. Satclit Palapa mcrupakan suatu
kcbutuhan mcnclcsak dari ncgara yang mcmpunyai scbaran
gcogralis yang sangat luas. Indonesia dcngan lcbih clari 3000
pulau mcmcrlukan sarana komunikasi yang ccpat clan murah.
Pcluncuran satclit Palapa mcrupakan salah satu titik tolak penting
eli dalam mcmacu pcmbangunan nasional. Komunikasi satclit
tcrscbut tclah mclahirkan bcrbagai altcrnatifuntuk mcnccrdaskan
kchidupan bangsa. Mclalui satclit Palapa bukan saja inf(mnasi
program pcmbangunan clapat dijangkau sccara lcbih luas di
scluruh Nusantara tctapi informasi juga dapat eli man faatkan untuk
mcmpcrluas dan mcmpcrccpat kcscmpatan untuk mcmpcrolch
pcndidikan.
Scpcrti yang tclah diuraikan \t'indf(t!/money tclah mclahirkan
antara lain pcmbangunan clcngan ccpat gcclung SD yang tcrscbar
di scluruh Nusantara. Pcmbangunan gcdung SD yang ccpat dalam
jumlah bcsar mcmiliki, paling tidak dua konsckucnsi. Pcrtama
adalah tuntutan tcnaga kcpcndidikan yang bcrkualitas. Kcdua.
lulusan pcndidikan clasar mcningkat yang diccrminkan dari
63