Page 74 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 74
1977 18.322 2.05 580,5
1978 21.854 2,05 680,1
1979 30.541 1.99 9,7
1980 43.435 2,07 1.339
1981 56.197 2,01 1.728
1982 60.496 1.89 1.823
1983 74.396 2,08 2.361
Dengan dcmikian amanat UUD 1945 untuk mcncerdaskan
kchidupan bangsa tcrus tcrccccr dibandingkan dcngan ncgara-
ncgara lainnya eli Asia maupun dunia. Data pada Tabcl 2
menunjukkan bahwa sampai akhir PELIT A III jumlah siswa SD
23.153 juta, SLTP 4, 758 juta, SMTA 2,592 juta, dan pcndidikan
tinggi 824 ribu. Angka partisipasi pada akhir PELITA III 99,5,
untuk SD, 44,4 untuk SMTP, 26,1 untuk SMTA, dan 5,3 untuk
pcndidikan tinggi. Angka-angka terscbutmenunjukkan kondisi
yang masihjauh clari kcinginan untuk mcncerdaskan bangsa kita
1111.
Apabila kita ccrmati, data pada Tabel 1 mcmperlihatkan
pcningkatan dana Pemerintah untuk pcndiclikan, dari 2,683 milyar
di tahun 1969 mcnjadi 74.396 milyar (9,45% dari anggaran
pcmerintah) eli tahun 1983 yang mcrupakan akhir PELITA III.
Angka tcrsebut ban1mcrupakan 2,08% dari GNP. Sclain itu dana
yang berasal dari luar negcri (pinjaman maupun hibah) baru
dialokasikan pemerintah secara lebih memadai mulai PELITA III
olch karcna dana tcrscbut tcrutama dipcruntukkan bagi
pcmbangunan infrastruktur scktor ekonomi. Demikian pula
kcbutuhan tenaga yang tcrbatas untuk mclaksanakan
pcngembangan pcndidikan melalui INPRES Pcndidikan yang
dimulai pada tahun 1973. Kondisi ini mcnycbabkan kualitas
pcndidikan mcnurun. Olch scbab itu, dilaksanakanlah bcrbagai
cara untuk meningkatkan jumlah dan mutu pendidikan guru sccara
mas sal.
60