Page 78 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 78

peningkatan angka partisipasi.  Peningkatan angka partisipasi SD
         pada gilirannya menuntut sekolah menengah yang scmakin banyak
         pula.  Siklus ini terus menggelinding pada tingkat pendidikan yang
         Jebih tinggi.  Upaya untuk memenuhi tuntutan ini mcmbutuhkan
         sumbcr dana dan tenaga dalamjumlah yang bcsar dan eepat.  Di
         dalam kaitan inilah tcknologi komunikasi dimanfaatkan sebesar-
         besarnya untuk melaksanakan program tersebut.
             Teknologi komunikasi dalam bentuk tclcvisi, radio dan
         komunikasi tertulis melalui pos tclah ikut memperluas kesempatan
         belajar.  Pada tingkat SD, misalnya, kita kenai SD Keeil dan SD
         Pamong serta Paket A melalui jalur pendidikan nonfonnal.  Pada
         tingkat sekolah menengah, pada tahun 1979/80 dibuka 5 buah
         SMP Terbuka Perintisan di Lampung Selatan, Cirebon, Tegal,
         Jember dan Lombok Barat.  Demikian pula tcrdapat program
         belajar Pakct B yang setara dengan SMP sedangkan Paket C yang
         direncanakan setara dengan SMTA. Pada akhirnya pada tahun
          I 984 secara resmi didirikan Universitas Terbuka (UT).

       5.  Keberhasilan Kuantitas Program INPRES SD
             Seperti yang tclah diuraikan, pada akhir PELITA I tclah
         dimulai pelaksanaan pcmbangunan SD melalui program INPRES
         SD.  Tabel 2 menunjukkan perkembangan INPRES SD sampai
         akhir PELITA III.  Keberhasilan program INPRES SD tclah
         menghasilkan antara lain pcngakuan UNESCO mcngcnai Wajib
         Belajar 6 tahun yang dieapai Indonesia pada tahun 1984.
         Sungguhpun tidak mungkin tercapai Angka Partisipasi Murni
          100% namun usaha yang dilaksanakan Indonesia patut dihargai
         mengingat keadaan geografis yang sulit.  Pengakuan dunia
         tcrhadap sukses Indonesia tcrsebut dinyatakan dengan Bintang
         Aviciena yang diberikan UNESCO kcpada Prcsiden Republik
         Indonesia.  Keberhasilan kuantitatif program INPRES SD
         mendesak ke atas yaitu tuntutan untuk menyediakan pendidikan
         pada tingkat berikutnya.  Demikian pula setcrusnya sampai kepada
         pendidikan tinggi.





        64
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83