Page 83 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 83

PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU
                    DAN PROGRAM PENYET ARAAN


                               I G.A.K. Wardani



             Mutu pendidikan merupakan salah satu tolok ukur yang
        menentukan martabat atau kcmajuan suatu bangsa.  Dengan
        menccm1ati mutu pendidikan suatu bangsa/ncgara, scseorang akan
        dapat mempcrkirakan pcringkat ncgara tcrscbut di antara ncgara-
        ncgara di  dunia.  Olch karcna itulah, bangsa yang maju akan sclalu
        mcnaruh pcrhatian besar tcrhadap dunia pcndidikannya, dengan
        mclakukan bcrbagai upaya untuk mcningkatkan mutu pcndidikan,
        scpcrti meningkatkan anggaran pcndidikan, menyclenggarakan
        bcrbagai Iomba dalam bcrbagai aspck pendidikan, atau mengirimkan
        para tunas bangsa untuk mcnimba ilmu di negara lain. Bcragam
        upaya ini dilakukan karcna kesadaran akan pcntingnya pendidikan,
        dan keyakinan bahwa bangsa yang mengabaikan pcndidikan akan
        mcnjadi bangsa yang tcrtinggal, yang akan kalah bcrsaing dengan
        bangsa-bangsa lain.
             Di Indonesia, rcndahnya mutu pcndidikan merupakan salah
        satu dari cmpat masalah pokok pcndidikan yang telah diidentifikasi
        sejak tahun 60-an.  Perhatian terhadap pendidikan memang cukup
        besar, namun meskipun sudah banyak usaha yang dilakukan, sampai
        kini masalah mutu pcndidikan tampaknya belum dapat diatasi.
        Kcluhan tcntang rendahnya mutu lulusan masih terus bergema.
        Lulusan SD, SLTP, dan SLTA belum mampu bernalar dan bcrpikir
        kritis, scrta masih tcrgantung kepada guru (D. Nielson, dkk,  1996;
        Nasoetion,1996).  Kemampuan siswa untuk mandiri bclum tcrwujud,
        sehingga prakarsa siswa untuk memulai sesuatu tidak terlampau
        scring ditcmukan.  Penguasaan siswa lebih tcrfokus pada
        pengetahuan faktual karena itulah yang dituntut dalam ujian akhir.
        Ujian nasionallebih banyak mcnuntut kemampuan siswa untuk
        mcnghapal daripada mempersyaratkan mereka berpikir kritis atau
        mcndemonstrasikan keterampilan.  Rendahnya Nilai Ebtanas Mumi



                                                                   69
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88