Page 84 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 84

(NEM) tahun  1997/199/l dan tahun1998/1999 yang dibcritakan
        dalam bcrbagai media massa juga merupakan indikator mutu
        pcndidikan yang bclum sesuai clcngan harapan.  Bahkan pada tahun
        2006, kctika NEM bcrganti baju menjadi ujian nasional atau sering
        juga clisebut ujian akhir nasional (UAN), basil yang clieapai para
        siswa sempat mcnghebohkan karena banyaknya siswa yang ticlak
        lulus clari  SMP atau SMA yang diakibatkan olch renclahnya nilai
        UAN yang dicapai.  llal ini mcnjadi lcbih mcmprihatinkan lagi
        karena rcndahnya stanclar kclulusan untuk matapelajaran yang
        d i uj i kan sccara nasi on a 1.
              Pangkal penycbab dari semua ini tentu sangat banyak tetapi
        tuclingan utama banyak ditujukan kepada guru karcna gurulah yang
        mcrupakan ujung tombak eli  lapangan yang bcrtcmu dcngan siswa
        sccara tcrprogram (Wardani,  J9l)8).  Olch karena itu, guru clianggap
        sebagai pihak yang paling bcrtanggungjawab tcrhadap basil yang
        dicapai oleh siswa.  Apa yang harus dilakukan untuk mcngatasi
        masalah scpct1i ini')  Siapa yang harus bertanggung jawab'?
        Pcrtanyaan-pcrtanyaan scperti itu tcntu muneul pada sctiap warga
        ncgara yang pcduli pada masa clepan bangsa, clan  mcrupakan
        tantangan besar bagi Dcpat1cmcn Pendidikan Nasional, khususnya
        bagi  lembaga penghasil guru.
              Untuk menjawab tantangan yang ditujukan kcpada guru
        tcrscbut, berbagai upaya tclah dilakukan dalam peningkatan
        kemampuan guru.  Bcrbagai penataran guru. baik yang dilakukan
        secara bcrkala maupun yang dilakukan secara bcrkcsinambungan
        tclah dilakukan.  Di  samping itu. kescjahteraan guru, yang clisadari
        mcrupakan tiang pcnyangga dari kualitas layanan yang diberikan
        guru, juga suclah mulai clipcrhatikan, meskipun dalam skala yang
        sangat kecil.  Pcmberian insentif bagi guru yang mcngajar eli  c!aerah
        tcrpencil clan  pembcrian tunjangan fungsional bagi guru telah pcrnah
        dilakukan.  Sclain upaya yang seeara khusus dilakukan untuk
        mcningkatkan kcmampuan profcsional dan kesejahteraan guru,
        upaya yang sangat penting adalah upaya untuk meningkatkan
        kualifikasi guru yang telah dilakukan sepanjang masa.
              Dalam scjarah pcndidikan di  Indonesia, peningkatan



        70
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89