Page 84 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 84
(NEM) tahun 1997/199/l dan tahun1998/1999 yang dibcritakan
dalam bcrbagai media massa juga merupakan indikator mutu
pcndidikan yang bclum sesuai clcngan harapan. Bahkan pada tahun
2006, kctika NEM bcrganti baju menjadi ujian nasional atau sering
juga clisebut ujian akhir nasional (UAN), basil yang clieapai para
siswa sempat mcnghebohkan karena banyaknya siswa yang ticlak
lulus clari SMP atau SMA yang diakibatkan olch renclahnya nilai
UAN yang dicapai. llal ini mcnjadi lcbih mcmprihatinkan lagi
karena rcndahnya stanclar kclulusan untuk matapelajaran yang
d i uj i kan sccara nasi on a 1.
Pangkal penycbab dari semua ini tentu sangat banyak tetapi
tuclingan utama banyak ditujukan kepada guru karcna gurulah yang
mcrupakan ujung tombak eli lapangan yang bcrtcmu dcngan siswa
sccara tcrprogram (Wardani, J9l)8). Olch karena itu, guru clianggap
sebagai pihak yang paling bcrtanggungjawab tcrhadap basil yang
dicapai oleh siswa. Apa yang harus dilakukan untuk mcngatasi
masalah scpct1i ini') Siapa yang harus bertanggung jawab'?
Pcrtanyaan-pcrtanyaan scperti itu tcntu muneul pada sctiap warga
ncgara yang pcduli pada masa clepan bangsa, clan mcrupakan
tantangan besar bagi Dcpat1cmcn Pendidikan Nasional, khususnya
bagi lembaga penghasil guru.
Untuk menjawab tantangan yang ditujukan kcpada guru
tcrscbut, berbagai upaya tclah dilakukan dalam peningkatan
kemampuan guru. Bcrbagai penataran guru. baik yang dilakukan
secara bcrkala maupun yang dilakukan secara bcrkcsinambungan
tclah dilakukan. Di samping itu. kescjahteraan guru, yang clisadari
mcrupakan tiang pcnyangga dari kualitas layanan yang diberikan
guru, juga suclah mulai clipcrhatikan, meskipun dalam skala yang
sangat kecil. Pcmberian insentif bagi guru yang mcngajar eli c!aerah
tcrpencil clan pembcrian tunjangan fungsional bagi guru telah pcrnah
dilakukan. Sclain upaya yang seeara khusus dilakukan untuk
mcningkatkan kcmampuan profcsional dan kesejahteraan guru,
upaya yang sangat penting adalah upaya untuk meningkatkan
kualifikasi guru yang telah dilakukan sepanjang masa.
Dalam scjarah pcndidikan di Indonesia, peningkatan
70