Page 87 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 87

seluruh pelosok tanah air, UT sebagai perguruan tinggi yang
        menerapkan sistem PTJJ, diberi tugas untuk mengelola program ini.
             Masukan program ini adalah para guru SD yang bcrijazah
        SPG atau sedcrajat, bcrstatus sebagai guru SD, dan diutamakan yang
        sudah mcnjadi pegawai negeri, berusia 25-45 tahun (khusus bagi
        kepala sckolah yang bcrprestasi, usia maksimal 50 tahun), serta
        mcmiliki kemampuan dan kemauan untuk mcningkatkan kualifikasi.
        Karcna peningkatan kualifikasi guru SD ini dibiayai olch pemerintah
        pusat melalui APBN maka rekrutmen caJon mahasiswa dilakukan
        oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Pendidikan dan
        Kebudayaan (Dcpdikbud) bcrscrta jajarannya di tingkat kabupaten
        dan kecamatan dcngan berpedoman pada kriteria yang telah
        ditctapkan.  Untuk setiap kclompok belajar (pokjar) dirckrut 30
        orang mahasiswa.
              Sementara itu, karena kcterbatasan kemampuan APBN yang
        disalurkan dalam bcntuk bcasiswa yang discdiakan olch Pcmcrintah,
        para guru yang tidak mcndapat bcasiswa membiayai sendiri studinya
        (swadana).  Calon mahasiswa swadana mclakukan pcndaftaran
        sendiri ke Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT setcmpat.
        UPBJJ-UT kcmudian mcnyelcksi calon mahasiswa bcrdasarkan
        kriteria yang tclah ditctapkan.  Mahasiswa swadana mcmbcntuk
        pokj ar sendiri dcngan jumlah mahasiswa yang sama dengan pokj ar
        mahasiswa beasiswa (lazim pula disebut mahasiswa proyek), yaitu
        maksimal 30 orang.  Dcngan demikian, dalam satu kccamatan
        dimungkinkan ada dua pokjar yang bcrbcda.
              Meskipun program ini adalah program pcnyctaraan yang
        semestinya mengacu kcpada program prajabatan, kurikulum
        dikembangkan bersamaan dcngan pcngcmbangan Kurikulum DII
        PGSD Prajabatan.  Hal ini tcrjadi karena Program Dll PGSD
        Prajabatan juga mulai dibuka pada tahun akademik yang sama
        (  199011991 ).  Pengembangan kurikulum dan pcnulisan bahan ajar
        dilakukan dengan melibatkan para doscn/pakar dari bcrbagai
        Lcmbaga Pcndidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), sepcrti IKIP
        Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang, serta
        para guru SD yang berpotcnsi.  Bcban studi pcnuh untuk Program




                                                                   73
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92