Page 87 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 87
seluruh pelosok tanah air, UT sebagai perguruan tinggi yang
menerapkan sistem PTJJ, diberi tugas untuk mengelola program ini.
Masukan program ini adalah para guru SD yang bcrijazah
SPG atau sedcrajat, bcrstatus sebagai guru SD, dan diutamakan yang
sudah mcnjadi pegawai negeri, berusia 25-45 tahun (khusus bagi
kepala sckolah yang bcrprestasi, usia maksimal 50 tahun), serta
mcmiliki kemampuan dan kemauan untuk mcningkatkan kualifikasi.
Karcna peningkatan kualifikasi guru SD ini dibiayai olch pemerintah
pusat melalui APBN maka rekrutmen caJon mahasiswa dilakukan
oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan (Dcpdikbud) bcrscrta jajarannya di tingkat kabupaten
dan kecamatan dcngan berpedoman pada kriteria yang telah
ditctapkan. Untuk setiap kclompok belajar (pokjar) dirckrut 30
orang mahasiswa.
Sementara itu, karena kcterbatasan kemampuan APBN yang
disalurkan dalam bcntuk bcasiswa yang discdiakan olch Pcmcrintah,
para guru yang tidak mcndapat bcasiswa membiayai sendiri studinya
(swadana). Calon mahasiswa swadana mclakukan pcndaftaran
sendiri ke Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT setcmpat.
UPBJJ-UT kcmudian mcnyelcksi calon mahasiswa bcrdasarkan
kriteria yang tclah ditctapkan. Mahasiswa swadana mcmbcntuk
pokj ar sendiri dcngan jumlah mahasiswa yang sama dengan pokj ar
mahasiswa beasiswa (lazim pula disebut mahasiswa proyek), yaitu
maksimal 30 orang. Dcngan demikian, dalam satu kccamatan
dimungkinkan ada dua pokjar yang bcrbcda.
Meskipun program ini adalah program pcnyctaraan yang
semestinya mengacu kcpada program prajabatan, kurikulum
dikembangkan bersamaan dcngan pcngcmbangan Kurikulum DII
PGSD Prajabatan. Hal ini tcrjadi karena Program Dll PGSD
Prajabatan juga mulai dibuka pada tahun akademik yang sama
( 199011991 ). Pengembangan kurikulum dan pcnulisan bahan ajar
dilakukan dengan melibatkan para doscn/pakar dari bcrbagai
Lcmbaga Pcndidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), sepcrti IKIP
Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang, serta
para guru SD yang berpotcnsi. Bcban studi pcnuh untuk Program
73