Page 90 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 90
bersama para penulis modul, sedangkan pelatihan bagi para tutor,
instruktur praktikum, dan supervisor PKM berlangsung di daerah,
dengan tutor inti sebagai pelatihnya.
Jumlah guru yang mengikuti program penyetaraan bcrvariasi
dari tahun ke tahun. Disamping mahasiswa yang mendapat beasiswa
dari APBN (pcmerintah pusat) atau J\PBD (pemerintah daerah),
tcrdapat banyak mahasiswa yang membiayai diri scndiri (swadana).
Tabel I menggambarkanjumlah mahasiswa dan lulusan dari tahun
kc tahun untuk mahasiswa beasiswa (proyck) dan mahasiswa
swadana.
Tabel I. Jumlah Mahasiswa dan Lulusan per Angkatan Program
Penyctaraan DII PGSD (sampai dengan Februari 1999)
No Mahasiswa Bcasiswa *) Mahasiswa Swadana
Angkatan Jumlah Sudah Jumlah Sudah
Tahun Awal lui us Awal Lulus
I 199011991 21.979 18.681 2.578 2.074
2 199111992 30.641 26.424 21.241 17.793
3 199211993 19.445 15.628 29.890 24.666
4 1993/1994 58.859 45.448 31.281 24.528
5 1994/1995 36.106 20.182 27.363 16.136
6 1995/1996 6.183 934 33.869 7.486
7 1996/1997 12.683 - 34.307 **)-
8 199711998 68.699 - 14.827 **)-
9 1998/1999 28.032 - 3.271 **)-
Jum1ah 282.627 127.297 198.627 92.683
*) I ennasuk mahas1swa DII PcndJdikan Guru Pendidikan Jasmam dan
Kesehatan (DII Pcndidikan Guru Penjaskes)
**) Pada waktu data ini dikeluarkan, 1ulusan untuk masukan tahun
1996!1997 be1um ada karena untuk menyclcsaikan program. seorang
mahasiswa minimal menyelesaikannya dalam cnam semester atau tiga
tahun, dan untuk masukan mulai tahun 1997/1998 dipcrlukan minimal
5 semester.
76