Page 91 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 91

Dari Tabel 1 dapat dilihat bahwa jumlah mahasisvv·a yang
       membiayai diri sendiri cukup banyak, yaitu 41% dari guru yang
       telah memasuki program (198.627 orang dari 481.254 orang).  Hal
       ini merupakan satu indikator tingginya minat para guru untuk
       meningkatkan kemampuan dan kualiiikasi pendidikan.  Jumlah
       lulusan yang sudah mencapai 219.980 orang mcnunjukkan pcran
       nyata PTJJ dalam meningkatkan kualiiikasi guru.

       PROGRAM PENYETARAAN D-Ill PGSMP: 1992/1993-
       1997/1998
             Program Dill PGSMP ini dibuka pada tahun akademik
        1992/1993, dengan Program Studi Pendidikan MIPA (Matematika
       dan Ilmu Pengctahuan Alam).  Tahun 1994/1995 dibuka program
       studi Pcndidikan Bahasa Inggris, dan tahun1997/1998 dibuka
       program studi Pendidikan Bahasa Indonesia.  Sepcrti halnya dengan
       Program Penyetaraan DII PGSD, program ini juga merupakan kerja
       sama antara Ditjen Dikdasmen dengan Ditjcn Dikti, dalam hal ini
       UT. Oleh karcna itu, pcmbukaan program ini didasarkan atas
       pem1intaan dari Ditjen Dikdasmcn, dalam hal ini Direktorat
       Pendidikan Guru dan Tenaga Tcknis (Dit. Dikgutcntis) sebagai
       pembina guru di  lingkungan Ditjen Dikdasmen.
             Mahasiswa program ini terdiri dari pcra guru SMP (SLTP)
       dengan latar belakang pcndidikan Diploma 1 atau Diploma II bidang
       studi yang sejenis.  Karcna latar bclakang yang bcrbeda, lama atau
       masa studi kedua masukan ini berbeda.  Dengan mempe11imbangkan
       tugas rutin seorang guru yang sedang menempuh program ini, beban
       studi setiap semester berkisar antara 12-15 sks.  Olah karena itu,
       lama studi masukan D I adalah cnam semester, sedangkan lama studi
       masukan DII adalah tiga semester.
             Kurikulum dikcmbangkan berdasarkan analisis kebutuhan
       para guru SLTP scrta mengaeu kcpada Kurikulum Dill
       Kependidikan Prajabatan.  Analisis kebutuhan di1akukan dengan
       mcngkaji berbagai basil pcnelitian, diantaranya hasil pcnelitian yang
       dilakukan dan dilaporkan oleh Jiono,  1992; Nasoction, 1985; dan
       Egclstone, J .,  1984, sc11a menelaah masukan dari pcngguna lulusan,



                                                                   77
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96