Page 91 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 91
Dari Tabel 1 dapat dilihat bahwa jumlah mahasisvv·a yang
membiayai diri sendiri cukup banyak, yaitu 41% dari guru yang
telah memasuki program (198.627 orang dari 481.254 orang). Hal
ini merupakan satu indikator tingginya minat para guru untuk
meningkatkan kemampuan dan kualiiikasi pendidikan. Jumlah
lulusan yang sudah mencapai 219.980 orang mcnunjukkan pcran
nyata PTJJ dalam meningkatkan kualiiikasi guru.
PROGRAM PENYETARAAN D-Ill PGSMP: 1992/1993-
1997/1998
Program Dill PGSMP ini dibuka pada tahun akademik
1992/1993, dengan Program Studi Pendidikan MIPA (Matematika
dan Ilmu Pengctahuan Alam). Tahun 1994/1995 dibuka program
studi Pcndidikan Bahasa Inggris, dan tahun1997/1998 dibuka
program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Sepcrti halnya dengan
Program Penyetaraan DII PGSD, program ini juga merupakan kerja
sama antara Ditjen Dikdasmen dengan Ditjcn Dikti, dalam hal ini
UT. Oleh karcna itu, pcmbukaan program ini didasarkan atas
pem1intaan dari Ditjen Dikdasmcn, dalam hal ini Direktorat
Pendidikan Guru dan Tenaga Tcknis (Dit. Dikgutcntis) sebagai
pembina guru di lingkungan Ditjen Dikdasmen.
Mahasiswa program ini terdiri dari pcra guru SMP (SLTP)
dengan latar belakang pcndidikan Diploma 1 atau Diploma II bidang
studi yang sejenis. Karcna latar bclakang yang bcrbeda, lama atau
masa studi kedua masukan ini berbeda. Dengan mempe11imbangkan
tugas rutin seorang guru yang sedang menempuh program ini, beban
studi setiap semester berkisar antara 12-15 sks. Olah karena itu,
lama studi masukan D I adalah cnam semester, sedangkan lama studi
masukan DII adalah tiga semester.
Kurikulum dikcmbangkan berdasarkan analisis kebutuhan
para guru SLTP scrta mengaeu kcpada Kurikulum Dill
Kependidikan Prajabatan. Analisis kebutuhan di1akukan dengan
mcngkaji berbagai basil pcnelitian, diantaranya hasil pcnelitian yang
dilakukan dan dilaporkan oleh Jiono, 1992; Nasoction, 1985; dan
Egclstone, J ., 1984, sc11a menelaah masukan dari pcngguna lulusan,
77