Page 94 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 94

kcscmpatan ini.  Namun dari scjumlah mahasiswa yang mengajukan
         pcnnohonan penganugrahan krcdit, hanya scorang yang bcrhasil
         mcndapat pcnganugrahan kredit.
              Minimnya jumlah mahasiswa yang memanfaatkan kcscmpatan
         ini dapat ditinjau paling tidak dari dua alasan.  Pertama, tampaknya
         para mahasiswa lebih mcmilih mengambilmatakuliah daripada
         harus mcnt,rumpulkan berbagai bukti kemampuan yang diperlukan
         untuk penganugrahan kredit.  Hal ini mungkin juga bcrakar dari
         bclum mcmbudayanya kcbiasaan mendokumentasikan berbagai
         dokumen pcnting di kalangan para guru sehingga ketika dokumen
         tcrscbut dipcrlukan, para guru sulit untuk menemukannya.  Kcdua,
         mungkin karena mcmang para guru ini mcrasa tidak memiliki
         kcmampuan yang memadai untuk penganugrahan krcdit.  Kondisi
         scpcrti ini patut dipertimbangkan pada masa yang akan datang jika
         lcmbaga pcndidikan guru akan menghargai pcngalaman mcngajar
         para guru.
              Hal kcdua yang perlu dicatat adalah bahwa sejak tahun 2001,
         nama pcnyctaraan tidak lagi digunakan schingga nama program
         mcnjadi Program Diploma II Pendidikan Guru Sckolah Dasar
         (Program DII PGSD) dan Program Diploma III Pendidikan Guru
         Sckolah Lanjutan Tingkat Pcrtama (Program DIII PGSLTP), yang
         kcmudian bcrubah lagi menjadi Program Diploma III Pendidikan
         Guru Sekolah Mencngah Pcrtama (Program Dill PGSMP), scsuai
         dengan perubahan kcbijakan di tingkat nasional.  Penghilangan
         i.stilah penyetaraan diawali oleh keinginan untuk mcningkatkan citra
         program ini di kalangan para guru.  Istilah penyctaraan dianggap
         membuat program ini seolah-olah tidak sama dengan program
         kcpcndidikan prajabatan sejenis, padahal isi program scbenamya
         sama.  Dcngan hilangnya istilah penyetaraan, berarti program ini
         dianggap sama, bukan setara dcngan program scjcnis yang dibuka
         oleh LPTK tatap muka.
              Disamping hal-hal yang sama, masing-masing program juga
         mcmiliki kekhususan dalam perkembangannya.  Berikut ini
         diuraikan secara singkat kckhususan perkembangan terscbut untuk
         setiap program.




         80
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99