Page 75 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 75

Tabel 2.  Jumlah Siswa/Mahasiswa dan Angka Partisipasi Mumi
                  (APM)
            Jcnjang dan Jcnis        1969                1984
               Pcndidikan       Siswa    APM ('%)   Siswa    APM ('!/,,)
           Scko1ah Dasar (SD   12.800.000    64,0  23.153.000   99,5
           dan Ml)                         (APK)
           SUP                1.150.000      16,9  4.758.000    44,0
           SLTA                482.000        8,6  2.592.000    26,1
           Universitas          156.000       1,6   824.400      5,3

          Tabcl 3.  Persentasi Alokasi Dana Inpres Pembangunan SD dari
                   Program INPRES Pemerataan dalam PELITA I,  II,  III
           PELITA  Jumlah A1okasi Dana    Inpres SD     '%  Inprcs SD dari
                   Seluruh Inprcs (Mi1yar   (Milyar Rp)   Keseluruhan
                           Rp)
           I             171.60            I 7,2            10,0
           II           1.229,62          232,7             26,3
           III         4.507,00         1.596,8            35,4

        3. Aksclcrasi Pcmbangunan Nasional
              Pada dckadc tahun 70-an hcrhembuslah suatu pandangan baru
          mengcnai pcmbangunan.  Negara-ncgara berkembang yang pada
          saat itu sedang giat dalam pcmbangunan mcnggunakan
          pendekatan basic needs approach di dalam pembangunannya.
          Artinya pcmbangunan bukan hanya difokuskan kcpada
          infrastruktur ekonomi tctapi juga untuk pembangunan
          manusianya.  Tuntutan human development mulai bcrkembang dan
          perhatian mulai diarahkan kepada kcbutuhan dasar manusia,
          tcrutama pendidikan dan keschatan.  Pada saat yang bcrsamaan
          para pemikir pcmbangunan di Indonesia saat itu sedang giat-
          giatnya mcmasyarakatkan konsep aksclerasi pcmbangunan
          nasional.  Dipacu olch keinginan untuk mcningkatkan taraf
          kcsejahteraan bangsa maka terdapat kcinginan untuk mempcrccpat
          pembangunan terutama pembangunan manusianya.  Pada masa itu
          berkcmbanglah strategi pcmbangunan nasional yang dikcnal


                                                                    61
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80