Page 75 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 75
Tabel 2. Jumlah Siswa/Mahasiswa dan Angka Partisipasi Mumi
(APM)
Jcnjang dan Jcnis 1969 1984
Pcndidikan Siswa APM ('%) Siswa APM ('!/,,)
Scko1ah Dasar (SD 12.800.000 64,0 23.153.000 99,5
dan Ml) (APK)
SUP 1.150.000 16,9 4.758.000 44,0
SLTA 482.000 8,6 2.592.000 26,1
Universitas 156.000 1,6 824.400 5,3
Tabcl 3. Persentasi Alokasi Dana Inpres Pembangunan SD dari
Program INPRES Pemerataan dalam PELITA I, II, III
PELITA Jumlah A1okasi Dana Inpres SD '% Inprcs SD dari
Seluruh Inprcs (Mi1yar (Milyar Rp) Keseluruhan
Rp)
I 171.60 I 7,2 10,0
II 1.229,62 232,7 26,3
III 4.507,00 1.596,8 35,4
3. Aksclcrasi Pcmbangunan Nasional
Pada dckadc tahun 70-an hcrhembuslah suatu pandangan baru
mengcnai pcmbangunan. Negara-ncgara berkembang yang pada
saat itu sedang giat dalam pcmbangunan mcnggunakan
pendekatan basic needs approach di dalam pembangunannya.
Artinya pcmbangunan bukan hanya difokuskan kcpada
infrastruktur ekonomi tctapi juga untuk pembangunan
manusianya. Tuntutan human development mulai bcrkembang dan
perhatian mulai diarahkan kepada kcbutuhan dasar manusia,
tcrutama pendidikan dan keschatan. Pada saat yang bcrsamaan
para pemikir pcmbangunan di Indonesia saat itu sedang giat-
giatnya mcmasyarakatkan konsep aksclerasi pcmbangunan
nasional. Dipacu olch keinginan untuk mcningkatkan taraf
kcsejahteraan bangsa maka terdapat kcinginan untuk mempcrccpat
pembangunan terutama pembangunan manusianya. Pada masa itu
berkcmbanglah strategi pcmbangunan nasional yang dikcnal
61