Page 39 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 39

kredit.
              Perkembangan berikutnya dalam model PJJ  ini adalah
        terbcntuknya netvvork.  yaitu suatu jaringan ke1jasama yang bc111cran
        mengkoordinasikan dan melengkapi program PJJ  lcmbaga lain
         (I folmbcrg,  1995). Jaringan tersebut dapat berfungsi
         mcngembangkan bahan ajar, menycdiakan layanan pcnelitian atau
         dokumcntasi P JJ  untuk organisasi lain.  Pada dasarnya
        penyclcnggaraan PJJ tidak dapat lepas dari pembcntukanjaringan
         kcrjasama.
              Menyimak kcecnderungan yang tc1jadi, barangkali pcmcrintah
         Indonesia saat ini perlu mempertimbangkan pendirian sebuah badan
        jaringan keljasama nasional.  Bad<:m P JJ  nasional ini memiliki
        wcwenang khusus membantu pengelolaan dan penyediaan P JJ  serta
         mcmpermudah proses alih kredit antar lembaga di berbagai sektor
        pendidikan dan pclatihan.  Badan ini  bertugas pula menjalin jaringan
         kerjasama antara lembaga penycdia PJJ sccara nasional scrta
         regional, sehingga sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan seeara
         efektif.  Penyclenggaraan program PJJ menjadi tcrorganisasi dan
         terkoordinasi dengan baik sehingga tidak tcrjadi duplikasi
         penawaran program yang sama olch beberapa lcmbaga.
              Jaringan bahkan perlu dikembangkan lebih lanjut secara nyata
         di tingkat regional.  Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara
         (ASEAN) telah berupaya membangunjaringan kerja sama di bidang
         PJJ melalui pendirian Pusat PJJ (SEAMOLEC).  Untuk bidang
         pendidikan tinggi, sebclumnya tclah ada upaya mendirikan ASf~AN
         University (De Jesus, Hok & Taroepratjcka, 1992), dan ga·gasan ini
         kemudian dipcrbaharui melalui ASJ'-~1N University Network (1995).
         Namun sampai saat ini bcntuk pclaksanaannya masih perlu
         dipcrjclas dan ditingkatkan.  Pendidikan tinggi di  kawasan ASEAN
         menghadapi masalah akses, ekspansi dan pemerataan kescmpatan
         yang kurang lebih serupa.  PJJ berpeluang besar mampu menjawab
         tantangan tersebut dan mewujudkan terciptanya jaringan kerja sama
         antar universitas di kawasan ASEAN dalam kerangka yang saling
         menguntungkan. saling melengkapi, saling membantu se1ia cfisien,
         sejalan dengan prinsip kebersamaan dan kecratan budaya bangsa-




                                                                    25
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44