Page 37 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 37
Asia), sebuah proyek yang didanai oleh pemerintah Jepang yang
memfokuskan pada pendidikan bersama di Asia, mcmfokuskan pada
universitas sebagai kcsatuan untuk membentuk suatu kolaborasi
berdasarkan pada timbulnya tuntutan yang tinggi pada kerjasama
pendidikan tinggi, pcngembangan intemct, dan nilai kebersamaan di
bidang pendidikan yang cukup tinggi diantara berbagai ncgara multi
kultural di Asia. UGM tclah megcmbangkan program bclajar
inovatif dan cerdas di UGM (SMILE@UGM), menggunakan scbuah
pendckatan bela jar baru untuk mcmperbaiki kualitas pendidikan,
bcrdasarkan pada spirit pendidikan berkualitas untuk semua.
UNPAD telah mengembangkan e-learning berbasis jaringan
pengetahuan untuk meningkatkan tleksibilitas dalam belajar
mcngajar, mcningkatkan kescmpatan berkomunikasi, dan
menyediakan akscs yang luas kepada siswa sumber bclajar yang
kaya dan bervariasi. Mcskipun belum begitujauh pembelajaran
jarak jauh di universitas, ilustrasi ini mcnunjukkan bcbcrapa bukti
yang konstruktif dalam kcsadaran akan masyarakat akadcmik dan
pcrtumbuhan daya tarik masyarakat untuk menggunakan system PJJ
di universitas di Indonesia. Akan tetapi, tetap dilihat bagaimana
inisiatif-inisiatif dalam PJJ dapat bertahan dan berkembang lcbih
maju mclalui perguruan tinggi tersebut, dan bagaimana orang lain
dapat mengikutinya.
Institusi pendidikan tinggi Indonesia pada umumnya tidak
memiliki pengalaman praktik PJJ, dan mcreka seharusnya belajar
dengan eepat dan intensif dari UT, dari berbagai pelaksanaan praktik
PJJ di berbagai Negara lain. Mungkin, pcmcrintah tidak hanya
mcmfasilitasi tetapi memberikan pcraturan dan dana yang
diperlukan untuk mcngembangkan kualitas pendidikan tinggi sistem
jarak jauh dapat diakses oleh pengampu kepentingan. Hal ini
bersinerji dengan kebijakan pendidikan untuk mcmperbaiki kualitas
sumber daya manusia sebagai bagian dari strategi nasional untuk
meningkatkan daya saing bangsa dan membawa Indonesia kc dalam
masayarkat modern berbasis pcngctahuan.
23