Page 38 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 38

MODEL KONSORSIUM

             Berbagai tckanan dan tuntutan untuk pcnyclcnggaraan
        programjarakjauh yang cfisien mcnjaclikan bcbcrapa lcmbaga PJJ
        bcke1ja sama melalui konsorsium.  Tujuan pembcntukan konsorsium
        pada umumnya adalah untuk meneapai cfisiensi clan ekonomi skala.
        Beberapa lcmbaga pcncliclikan memandang perlu untuk mcmbcntuk
        konsorsium di tingkat regional, nasional, atau wilayah tcrtcntu agar
        distribusi bahan ajar lebih efisien, clan tcreapai konsistcnsi dalam
        pemberian kreclit.  Lembaga berskala kceil mcndapati bahwa
        mengembangkan program P JJ  san gat mahal, dan bahkan lcbih mahal
        lagi untuk mcmproduksi clan menclistribusikan program.
             Konsorsium dapat pula tcrbcntuk bilamana ada ke1jasama
        beberapa lembaga pencliclikan, penerbitan, dan siaran yang setuju
        untuk bergabung clan menawarkan program PJJ.  Konsorsium
        merupakan gagasan yang sangat bagus, sayangnya scringkali sulit
        ditcrapkan.  Birokrasi lembaga clan ragam iklim organisasi sering
        mcnjacli hambatan kcrjasama.  Sclain itu pcrbcdaan filosofi
        pencliclikan, hambatan teknis, scrta tekanan keuangan menjaclikan
        kcrjasama sulit terwujucl.  Beberapa lcmbaga penclidikan sepe1ti
        universitas dapat saja bekerja sama membentuk konsorsium
        sebagaimana clilakukan di Irlandia, Peraneis dan Italia (Curran,
        1992).  Kekuatan suatu konsorsium terlctak pada komitmen untuk
        melaksanakan pekerj a an tertentu bagi lembaga anggota yang
        memiliki kesulitan dalam melaksanakan tugas sceara mandiri.
             Sekalipun terdapat indikasi yang jclas tcreapainya peningkatan
        efisiensi dan keuntungan ekonomi, pacla mulanya ticlak begitu
        banyak konsorsium clapat tcrbcntuk.  Namun saat ini ada
        keeenderungan bahwa bentuk ini merupakan suatu alternatif
        rasional.  Bebcrapa eontoh konsorsium aclalah Open Learning
        Agency (OLA) eli  British Columbia, Canada, yang mclibatkan
        sejumlah lcmbaga untuk menawarkan program P JJ di  kawasan
        propinsi tersebut.  Contoh lain adalah Open Learning Agency of"
        Australia yang bekerja s<nna dengan sejumlah lembaga pcrguruan
        tinggi eli  seluruh Australia dan mcnawarkan program PJJ di ncgara
        tersebut.  Badan ini bcrpcran pula dalammempcrn1udah proses alih



        24
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43