Page 41 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 41
konsorsiwn) akan tetap bcrkcmbang menyesuaikan zaman dan
kebutuhan masyarakat (Croft, 1992). Pada sektor pendidikan tinggi,
model single mode diwujudkan dalam universitas terbuka.
Keterbukaan lembaga ini mesti teruji dalam beberapa dimcnsi,
meliputi daya jangkau, flcksibilitas, kcleluasaan siswa dalam
memilih isi maupun struktur pelajaran, pilihan dalam sistcm
pembelajaran, dan akrcditasi. Lembaga universitas terbuka telah
mampu membantu mengatasi berbagai hambatan siswa dalam
belajar. Namun masih ada tantangan bagi praktisi PJJ untuk
mengubah pola pikir dan meningkatkan pemahaman tentang teori
maupun praktek belajar terbuka.
Teknologi menjadikan universitas terbuka sebagai new
temples of/earning (Reddy, 1993), semaeam 'pesantrcn' gaya baru
yang menerapkan PJJ dalam upaya demokratisasi pendidikan tinggi.
Beberapa lembaga single mode tclah berkembang mcnjadi mega-
universitas, termasuk UT, yang menerapkan teknologi pembclajaran
jarak jauh mcmpromosikan bela jar terbuka, serta menampung
jumlah yang besar melcbihi I 00.000 mahasiswa. Radio Central
China dan Televisi Universitas (CCRTVU) memiliki lebih dari dua
juta mahasiswa, sedangkan Indira Gandhi Open University
(IGNOU) di India dan UT di Indonesia memiliki lebih dari 300.000
mahasiswa.
Model single mode telah diterapkan di banyak negara,
sekalipun di negara berkembang ada bcbcrapa kendala yang
dihadapi berkaitan dengan kualitas dan pemanfaatan teknologi.
Tanpa ada upaya yang sungguh-sungguh dalam bentuk bantuan dan
kerjasama antarbangsa dan antarlembaga, upaya dcmokratisasi
pendidikan tinggi ini akan mengalami banyak hambatan di negara
berkcmbang.
Model dual mode tcrbukti memiliki daya tahan yang lama dan
telah diterapkanjauh lebih dahulu dibandingkan model single mode.
Model dual mode memiliki nilai inovatif serta flcksibilitas yang
khas. Lembaga pendidikan tinggi konvensional berskala kecil tetap
dapat beroperasi menggunakan sistcm dual mode, guna memenuhi
kebutuhan masyarakat pengguna jasa di wilayah sekitamya. Stat'
27