Page 43 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 43

siap untuk dimanfaatkan untuk penyclenggaraan PJJ  sehingga suatu
        pola kcrjasama antara berbagai lembaga yang saling mcnunjang dan
        menguntungkan dapat dikcmbangkan lcbih lanjut.  Kelemahan yang
        ada pada suatu Jcmbaga dapat dilcngkapi dengan kekuatan yang
        dimiliki lcmbaga lain.  Peran pemcrintah sangat pcnting untuk
        membangun iklim kerjasama yang kondusif.  Inisiatifpemcrintah
        dipcrlukan dalam bentuk kebijaksanaan, regulasi serta keterbukaan
        dalam pembentukan pola kerjasama yang dikehendaki.
              Model mana yang dipilih?  Terlepas dari model apapun yang
        dianut, karakteristik dasar PJJ  tetap berlaku dan bennuara sama pada
        tereapainya tujuan masyarakat belajar.  Masing-masing model
        membcrikan kontribusi yang berarti bagi pcmcrataan dan perluasan
        kescmpatan pendidikan.  Skala dan efcktivitas biaya dapat mcnjadi
         salah satu faktor yang mcnentukan kcputusan tentang model yang
        diterapkan.  Tujuan PJJ  yang sama dapat dicapai dengan
        mcncrapkan model yang berbeda, dan tic!ak ada model yang paling
        bcnar dalam menyclenggarakan PJJ.  Jawaban tcrhaclap pertanyaan
        di atas adalah bahwa model yang dipilih akan c!itentukan oleh
        kcbutuhan masyarakat pengguna jasa pcndidikan, kcbijakan
        pemcrintah, kcmampuan dan sumbcrdaya yang ada pada masyarakat
        dan masing-masing lcmbaga.
              Perkcmbangan mutakhir dalam bidang tcknologi infom1asi
        memberikan tantangan bagi PJJ,  terlepas dari model apapun yang
         dianut.  Tcknologi dimanfaatkan karcna alasan dan pcrtimbangan
        untuk meningkatkan akscs, mcmperbaiki kualitas, mcngurangi
        biaya, dan meningkatkan efektivitas pendidikan dan pelatihan
         (Bates,  1997).  Bagi siswa, pemanLtatan tcknologi berdampak
         positif pada kcluwesan dalam memilih met ode bela jar karena makin
         kaburnya perbedaan antara PJJ  dan pcndidikan konvcnsional.
         Proses belajar bcrbasis tcknologi mcnghendaki dan sckaligus
         membantu siswa mengenal dan mcmanfaatkan teknologi yang
         tersedia.
              Met ode bel ajar jarak jauh dan teknologi informasi bc1iemu
         dcngan stratcgi belajar kclas schingga mcnciptakan suatu
         lingkungan baru yang discbut dengan program belajar f1cksibcl



                                                                    29
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48