Page 34 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 34

mempcrluas kesempatan, meningkatkan akses, dan meningkatkan
         partisipasi dalam pendidikan universitas bagi  masyarakat Indonesia.

         MODEL DUAL MODE
              Banyak program PJJ  dikembangkan di universitas yang
         mcncrapkan model dual mod,  dengan mendirikan suatu unit atau
         divisi khusus yang menangani siswajarakjauh.  Dalam model ini
         ada dua kelompok siswa, yaitu mereka yang belajar secara tatap
         muka di kelas, dan mcreka yang belajar secarajarakjauh tanpa atau
         dcngan syarat tatap muka yang sangat minimum.  Dua kelompok
         siswa ini secara teoritis mendapatkan pclayanan yang sebanding dari
         lembaga, sekalipun kcnyataannya mahasiswa tatap muka memiliki
         lcbih banyak kemudahan dalam hal akses ke berbagai sumbcr
         bela  jar di kampus.  Secara historis, model dual mode dipergunakan
         untuk menangkal kecurigaan terhadap PJJ  sebagai menurunkan
         standar pendidikan.  Kcsamaan penghargaan antara pembelajaran
         tatap muka danjarakjauh dapat dicapai dengan menugaskan staf
         akademik yang sama mengajar dan menguji dua kclompok siswa
         yang berbeda.  Keduanya mendapatkan gelar yang sama, sckalipun
         metode pembelajaran mereka berbeda.  Ncgara sepcrti Australia dan
         New Zcland adalah pclopor penerapan model dual mode untuk
         pendidikan tinggi.
              Pada universitas dual mode,  dua kelompok mahasiswa
         memiliki karakteristik yang sangat berbeda dalam banyak hal.
         Mahasiswa tatap muka umumnya lebih muda dan mengikuti
         pendidikan universitas langsung setelah menamatkan sekolah
         mcncngah.  Mahasiswajarakjauh umumnya lebih tua, lebih kaya
         dalam pengalaman hidup maupun pekerjaan, memiliki kcluarga,
         serta komitmen lainnya.  Banyak di  antara mercka bahkan tidak
         ry.1enamatkan sckolah mcnengah atas dan mereka masuk universitas
         melalui skema 'matang usia', yang dimungkinkan tcrjadi di  negara
         maju.  Banyak orang beranggapan bahwa mahasiswa jarak jauh
         merupakan mahasiswa 'kelas dua', sebagaimana banyak orang
         beranggapan bahwa PJJ adalah upaya menyediakan pcndidikan
         'peluang kedua'.  Sebelum diperkenalkannya sistem universitas



         20
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39