Page 32 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 32

Namun demikian tetap ada keterbatasan dalam kelcluasaan
        yang climiliki model single mode.  Lcmbaga scmaeam ini masih
        mcmpunyai masalah kreclibilitas dan akscptabilitas di  kalangan
        masyarakat karena penyimpangannya dari sistcm pcndidikan
        tradisional.  Misalnya, masyarakat masih ecnclcrung memandang
        1'cmch lulusan universitas tcrbuka, clibandingkan lulusan universitas
        konvcnsional atau the Ivy reague yang suclah mapan. Di Indonesia,
        mahasiswa Universitas Tcrbuka (UT) yang baru lulus Sekobh
        Lanjutan Tingkat At as (SI .TA) adalah merck a yang tidak ditcrima eli
        pcrguruan tinggi ncgeri bcrgengsi atau tidak mampu menjangkau
        perguruan tinggi swasta yang mahal.  Masyarakat umumnya
        cendcrung mcngira bahwa seeara akademik mahasiswa UT adalah
        m<lhasiswa kclas dua.
             Namun dcmikian. eontoh dari bebcrapa praktik yang tclah
        dilah1kan tclah mcnumbuhkan kesan, kcpercayaan, clan  krcdibilitas
        dari masyarakat tcrhadap sistcm PJ.l  yang mcnerapkan single mode.
        Scbagai contohnya, Open University of United Kingdom (UK OU)
        tclah masuk kc jajaran tertinggi pacla pclayanan bel ajar mengajar
        bagi mahasiswa.  Pclaksanaan sistcm jaminan kualitas clan usaha
        pcningkatan yang dilakukan secm·a bcrkesinambungan telah
        mcningkatkan kualitas dan pclaksanaan pendidikan dcngan sistcm
        jarak jauh dan mcningkatkan kepcrcayaan cliri  masyarakat tcrhadap
        sistcm tcrscbut.
             Kritikan pun clilontarkan tcrhadap gagasan 'kctcrbukaan', yang
        mcngandung paradoks dan kontradiksi dalam lcmbaga J>JJ  model
        ini.  Gagasan 'ketcrbukaan' sebagaimana diterapkan pacla sistcm
        universitas tcrbuka berlaku sckaligus 'kctcrbukaan dan ketertutupan'
        (openness and closure),  artinya kctcrbukaan dalam satu aspek
        mcngandung kontradiksi kctcrtutupan pada aspck lainnya (Harris,
        1987).  Dampak prosedur PJ.J  pacla sebuah universitas 'tcrbuka'
        mengandung kccenclerungan 'tcrtutup'.  Sckalipun siswa P.IJ  tcrbuka
        untuk mendaftarkan diri pada waktu kapan saja, kcsempatan mcrcka
        masih rclatif 'tcJiutup', misalnya ia harus mcngikuti ujian,
        mendcngarkan siaran radio, menonton siaran program tclevisi
        pcndiclikan, mengikuti jadwal ujian scsuai jadwal pacla  waktu yang




        18
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37