Page 27 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 27
PENUTUP
Pendidikan terbuka dan jarak jauh sebagai suatu konsep
merupakan basil pcrkembangan konscp dan praktck PJJ yang
berakar pada corre::.pondence study di era masyarakat industri.
Sistem PJJ, baik yang dilandasi paradib,rma akses maupun kualitas
(interaksi), mcngalami perkembangan sciring dcngan perkembangan
masyarakat pada era pasca-industri. Pada era ini, kcbutuhan
masyarakat pendidikan lcbih berorientasi pada self~realization dan
pemenuhan kebutuhan personal. Disamping itu, pcsatnya
pcrkembangan tcknologi juga meningkatkan kebutuhan akan
pcndidikan profesional yang berkclanjutan. Pcrubahan orientasi
pendidikan pada pendidikan yang berkelanjutan ini mclahirkan
konsep pendidikan yang lebih terbuka yang dapat mcngakomodasi
proses bclajar sepanjang hayat dan bagi semua. Teknologi infom1asi
dan komunikasi yang kian bcrkembang merupakan salah satu
prasarana yang dapat meningkatkan intensitas interaksi dalam proses
belajar jarakjauh. Namun demikian, di banyak ncgara, peningkatan
intensitas interaksi melalui pemanfaatan tcknologi canggih juga
dapat menurunkan akses masyarakat terhadap program pcndidikan
tersebut. Oleh karena itu, pemilihan tcknologi tepat guna, disamping
pcrancangan sistem pembelajaran, merupakan hal tcrpenting yang
akan mempengaruhi tingkat kcterbukaan suatu program PJJ. Secara
konseptual, sistcm pcndidikan terbuka dan j arak j auh merupakan
suatu sistcm pcndidikan yang dirancang dan dimaksudkan untuk
mcngatasi kendala jarak (baik dalam pengertian waktu maupun
tempat), ckonomi, maupun karaktcristik demografi, sehingga dapat
membcrikan kescmpatan kepada semua orang untuk bclajar
sepanjang hayat.
DAFT AR PUST AKA
Bates, AW. 1995. Technology, open learning, and distance
education. New York: Routledge.
Belawati, T. 1999. Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh: Suatu
reformasi pola pikir. Technical paper presented at the
13