Page 27 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 27

PENUTUP
             Pendidikan terbuka dan jarak jauh sebagai suatu konsep
        merupakan basil pcrkembangan konscp dan praktck PJJ yang
        berakar pada corre::.pondence study di  era masyarakat industri.
        Sistem PJJ,  baik yang dilandasi paradib,rma akses maupun kualitas
        (interaksi), mcngalami perkembangan sciring dcngan perkembangan
        masyarakat pada era pasca-industri.  Pada era ini, kcbutuhan
        masyarakat pendidikan lcbih berorientasi pada self~realization dan
        pemenuhan kebutuhan personal. Disamping itu, pcsatnya
        pcrkembangan tcknologi juga meningkatkan kebutuhan akan
        pcndidikan profesional yang berkclanjutan. Pcrubahan orientasi
        pendidikan pada pendidikan yang berkelanjutan ini mclahirkan
        konsep pendidikan yang lebih terbuka yang dapat mcngakomodasi
        proses bclajar sepanjang hayat dan bagi semua.  Teknologi infom1asi
        dan komunikasi yang kian bcrkembang merupakan salah satu
        prasarana yang dapat meningkatkan intensitas interaksi dalam proses
        belajar jarakjauh.  Namun demikian, di banyak ncgara, peningkatan
        intensitas interaksi melalui pemanfaatan tcknologi canggih juga
        dapat menurunkan akses masyarakat terhadap program pcndidikan
        tersebut.  Oleh karena itu, pemilihan tcknologi tepat guna, disamping
        pcrancangan sistem pembelajaran, merupakan hal tcrpenting yang
        akan mempengaruhi tingkat kcterbukaan suatu  program PJJ.  Secara
        konseptual, sistcm pcndidikan terbuka dan j arak j auh merupakan
        suatu sistcm pcndidikan yang dirancang dan dimaksudkan untuk
        mcngatasi kendala jarak (baik dalam pengertian waktu maupun
        tempat), ckonomi, maupun karaktcristik demografi, sehingga dapat
        membcrikan kescmpatan kepada semua orang untuk bclajar
        sepanjang hayat.

        DAFT AR PUST AKA
        Bates, AW.  1995.  Technology,  open learning,  and distance
              education. New York: Routledge.
        Belawati, T.  1999. Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh: Suatu
             reformasi pola pikir.  Technical paper presented at the



                                                                   13
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32